get app
inews
Aa Read Next : Dosen Ubaya Ciptakan Inovasi Board Game Bertema Cerita Panji

Ubaya dan BINUS University Adakan MES 2024, Libatkan Mahasiswa Internasional

Kamis, 25 Juli 2024 | 16:35 WIB
header img
Gallery Walk: Project Showcase di Ruang Serbaguna Fakultas Psikologi Ubaya, Kamis (25/7/2024). Foto/Humas Ubaya

SURABAYA, iNewsSurabaya.id – Universitas Surabaya (Ubaya) berkolaborasi dengan Universitas Bina Nusantara (BINUS University) menggelar Market Entry Strategy to Indonesia (MES) 2024. Kegiatan ini diikuti oleh puluhan mahasiswa domestik dari Ubaya dan BINUS serta mahasiswa internasional. 

Salah satu kegiatan intinya yakni Gallery Walk: Project Showcase diadakan pada Kamis (25/7/2024) di Ruang Serbaguna Fakultas Psikologi.

MES 2024 merupakan program tahunan yang telah berjalan sejak 2016. Tahun ini, program diselenggarakan di Jakarta dan Surabaya. 

BINUS University bekerja sama dengan Ubaya sebagai rekanan Jejaring Perguruan Tinggi Nusantara atau Nationwide University Network in Indonesia (NUNI). 

Associate Internationalization Manager serta Project Lead Program MES, Debby Sonita Lubis, mengatakan kegiatan yang dilakukan adalah melakukan kunjungan lapangan ke mitra UMKM binaan kemudian mempresentasikan solusi dan ide inovatif berdasarkan data. 

“Program ini bertujuan untuk menghadirkan pengalaman unik yang menggabungkan teori dan keterampilan. Harapannya, ide-ide inovatif yang dihasilkan para partisipan dapat meningkatkan kinerja UMKM dan membantu mereka menembus pasar global,” terang Debby.

Direktur Kerjasama Kelembagaan Ubaya, Dr. Yenny Sari, CQE, menyebut MES tahun ini diikuti oleh 26 mahasiswa domestik dari Ubaya dan BINUS serta 6 mahasiswa internasional dari Korea, Filipina, Somalia, dan Timor Leste. Selain itu, ada lebih dari 5 fasilitator dari Ubaya dan BINUS. 

“Ubaya memberikan dukungan full pembebasan biaya program kepada tiap mahasiswa yang ikut menjadi peserta untuk berangkat satu minggu ke BINUS dan satu minggu selama di Ubaya,” jelasnya. 

Yenny menambahkan, dukungan lainnya adalah berupa proses rekognisi MES menjadi mata kuliah 2-3 SKS di masing-masing prodi untuk mahasiswa. 

Mahasiswa Ubaya yang mengikuti MES 2024 berasal dari ragam fakultas, seperti Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Fakultas Industri Kreatif, Fakultas Hukum, Fakultas Psikologi, serta Fakultas Teknik. 

Sedangkan dari BINUS terdiri dari mahasiswa jurusan International Business Management, Computer Science, Business Management and Marketing, dan Food Tech. 

Pada Gallery Walk: Project Showcase, mahasiswa yang telah tergabung dalam tim akan mempresentasikan hasil ide bisnis berdasarkan pengamatan mereka setelah mengunjungi UMKM pada hari sebelumnya. 

Acara ini akan dihadiri oleh Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan, PT. Dwi Ivan Panjaya (Sepatu Kanky), PT. Ladang Sehat Indonesia (Ladang Lima), dan Komunal Fintech. 

Yenny berharap, program semacam ini dapat dilakukan secara rutin dan dapat menjadi alternatif kampus untuk peningkatan mahasiswa inbound asing.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut