get app
inews
Aa Read Next : BPJS Ketenagakerjaan Sidoarjo Gaungkan Slogan Kerja Keras Bebas Cemas dalam Karnaval Shining Jayanda

Dongkrak UMKM, Master Digital Academy Luncurkan Akademi Online di Surabaya

Sabtu, 17 Agustus 2024 | 22:38 WIB
header img
Peluncuran Akademi Online Master Digital Academy di kota Surabaya, Sabtu (17/8/2024). Foto: iNewsSurabaya/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Master Digital Academy meluncurkan Akademi Online "Surabaya Menuju Kota Digital". Akademi ini untuk mendongkrak UMKM di Surabaya.

Peluncuran yang diadakan bertepatan dengan 17 Agustus 2024 ini dihadiri oleh Wakil Walikota Surabaya, Armuji, Direktur Pengembangan SDM Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Dr. Fahmy Akmal, serta lebih dari 100 UMKM

Advisor Master Digital Academy (MDA) Chandra Putra Negara menuturkan, program tersebut bertujuan untuk memerdekakan UMKM Surabaya dari cara berjualan tradisional. 

"MDA hadir di tengah Masyarakat dengan tujuan untuk dapat mengedukasi lebih banyak UMKM untuk melek digital," tuturnya.

Beberapa topik yang akan dibahas mencakup strategi pemasaran digital, pemanfaatan e-commerce, dan pentingnya transformasi digital bagi keberlanjutan bisnis UMKM di era modern ini.

"Kami melihat bahwa digitalisasi bukan hanya tren, tetapi kebutuhan mendesak bagi UMKM agar dapat bersaing dan berkembang di pasar global. Melalui acara ini, kami ingin memberikan panduan dan inspirasi bagi para pelaku UMKM di Surabaya untuk mengoptimalkan teknologi digital dalam bisnis mereka," ujar Chandra.

Acara ini juga akan menjadi ajang bagi para pelaku UMKM untuk membangun jaringan, berbagi pengalaman, dan mendapatkan wawasan baru dari para ahli yang sudah sukses dalam mengimplementasikan digitalisasi pada bisnis mereka.

"Surabaya Menuju Kota Digital" diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam mendorong transformasi digital di kalangan UMKM, sehingga mereka dapat beradaptasi dengan perubahan pasar yang cepat dan menjadi lebih kompetitif di era digital.

Program digitalisasi UMKM yang digagas oleh Master Digital Academy itupun mendapat sambutan positif dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno. Menurut Sandi, hal itu merupakan upaya kongkrit dalam mengurasi angka kemiskinan di Indonesia.

"Digitalisasi UMKM bukan hanya sekedar adaptasi teknologi, namun kunci untuk membuka ruang ekonomi baru ketika UMKM kita terhubung dengan dunai digital," terangnya melalui daring.

Dengan digitalisasi, menurut Sandi, maka UMKM dapat mememperluas pasar, meningkatkan efisiensi dan pada akhirnya menciptakan lapangan pekerjaan yang lebih luas," ungkapnya.

Sandiaga Uno berharap, Akademi Online memberikan dampak positif yang berkelanjutan dan membuka jalan kesejahteran lebih merata di seluruh pelosok negeri guna mewujudkan visi Indonesia 2045. 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut