get app
inews
Aa Read Next : Pergerakan Arek Lamongan Anti Korupsi Demo di Grahadi, Tuntut KPK Segera Usut Korupsi

GPND Aksi Damai di Pemkab Lamongan, Protes Jalan Rusak hingga Krisis Air Bersih

Rabu, 11 September 2024 | 16:45 WIB
header img
Puluhan massa GPND aksi damai di depan Gedung Pemkab Lamongan Jawa Timur, Rabu (11/9/2024). Foto/Dokumentasi GPND

LAMONGAN, iNewsSurabaya.id - Puluhan massa yang tergabung dalam Gerakan Pemuda Nasionalis Demokrasi (GPND) menggelar aksi damai di depan Gedung Pemkab Lamongan Jawa Timur, Rabu (11/9/2024). Aksi tersebut guna menagih janji pemerintah sekaligus menyampaikan keluhan masyarakat Lamongan, salah satunya krisis air bersih saat musim kemarau.

Koordinator Aksi GPND, Iqbal mengatakan hingga saat ini belum ada kepala daerah di Lamongan yang mampu mengatasi fenometa tahunan tersebut. 

"Dari pergantian beberapa kepala daerah yang telah menjabat Bupati Lamongan selama ini belum bisa mencarikan solusi permasalahan selama ini," tegasnya. Untuk itu GPND menuntuk pemkab Lamongan segera mecarikan solusi agar kekeringan tidak terjadi lagi.

Selain menuntut pemecahan krisis air bersih, massa aksi juga menyuarakan carut marut infrastruktur jalan di kabupaten Lamongan yang semakin parah sehingga banyak menimbulkan korban kecelakaan. Menurut Iqbal, implementasi program Jalan Mantap dan Alus Lamongan (Jamula) belum maksimal.

"Namun sampai sekarang pemerintah Kabupaten Lamongan tak ada hati nurani. Percuma kemarin perwakilan dari PUPR nemui kita tak ada tindak lanjuti. Jalan Lamongan bagian selatan yang rusak parah," tegasnya. 

"Termasuk lampu penerangan jalan masih belum terpasang di jalan wilayah Lamongan. Kami hadir disini adalah bentuk kepedulian dari masyarakat Lamongan selatan. Mohon segera pemerintah Kabupaten Lamongan tak butuh pencitraan, namun masyarakat butuh kinerja nyata," lanjut Ikbal

Dalam aksinya, massa GPND berjalan kaki sambil membentangkan poster berisi sejumlah tuntutan. Aksi berjalan damai dengan kawalan personel Polres Lamongan.

Sementara itu Joko Nursyianto, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Lamongan berjanji akan menindaklajut tuntutan warga. Termasuk realisasi pembagunan 6 ruas jalan masih dalam progres program Jamula.

"Untuk penerangan jalan kedepannya sudah kita usulkan. Dan masalah air kita upayakan dan sudah kerjasama dengan pemerintah Mojokerto untuk proses kedepannya sumber air bersih. Kita selalu mengupayakan kepetingan masyarakat Lamongan,” pungkasnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut