get app
inews
Aa Read Next : Frames of Life, Pameran Foto Komunitas LOLO Tampilkan Keajaiban Fotografi di Gedung Pelindo Place

Flyover Terminal Teluk Lamong Resmi Dibuka Untuk Publik

Sabtu, 21 September 2024 | 01:04 WIB
header img
Truk petikemas melintas di Jalan Fly Over Terminal Teluk Lamong Surabaya. Foto/Pelindo

SURABAYA, iNewsSurabaya.id – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 3 resmi membuka Jalan Flyover Terminal Teluk Lamong untuk publik. 

Pembukaan Jalan Fly Over Teluk Lamong dilakukan langsung oleh Walikota Surabaya Eri Cahyadi bersama Direktur Investasi Pelindo, didampingi sejumlah stakeholder seperti KSOP Kelas Utama Tanjung Perak dan sejumlah asosiasi pengguna jasa. 

Seremonial ini juga di tandai dengan simbolis 5 truk petikemas melintas di Jalan Fly Over Terminal Teluk Lamong sebagai penanda telah dibuka dan dioperasionalkan akses jalan penghubung antara area pelabuhan Terminal Teluk Lamong dengan jalur lingkar luar barat Surabaya (JLLB)

Walikota Surabaya Eri Cahyadi kepada media mengatakan, akses ini sangat bermanfaat untuk konektifitas wilayah Surabaya barat. Terlebih jalur ini menghubungkan langsung dengan JLLB, Tol Romokalisari 2 dan akses langsung menuju stadion Gelora Bung Tomo (GBT). Hal ini sejalan dengan pengembangan wilayah Surabaya barat dan dampaknya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Terimakasih kepada Pelindo atas investasi pembangunan Jalan Fly Over Terminal Teluk Lamong, saya yakin ini tidak hanya memberikan manfaat pada layanan pelabuhan namun juga peningkatan ekonomi masyarakat sekitar dengan kemudahan akses ini," ujar Eri Cahyadi

Sementara itu dikesempatan yang sama, Direktur Investasi Pelindo Boy Robyanto mengatakan, bisa dioperasikannya Jalan Fly Over Teluk Lamong yang dibangun Pelindo ini tak lepas dari dukungan sejumlah pihak, di antaranya Pemerintah Kota Surabaya. 

Boy mengatakan, melalui berbagai proses pengujian yang dilakukan jalan ini kini telah mengantongi Sertifikat Laik Fungsi (SLF) dari Pemerintah Kota Surabaya sebagai syarat utama operasi. 

Hal ini menurut Boy merupakan bentuk kolaborasi nyata antara Pemerintah Kota Surabaya dan Pelindo dalam menyiapkan akses yang tak hanya bermanfaat secara ekonomi kepada operasional pelabuhan, namun juga solusi akses lalu lintas yang lancar bagi masyarakat Surabaya.

"Dari awal melakukan pembangunan  jalan ini fokus kami tidak hanya pada peningkatan layanan operasional pelabuhan saja, namun lebih dari itu akses ini harus bisa dirasakan dan membawa manfaat langsung bagi masyarakat sekitar. Kami juga beruntung Pemerintah Kota Surabaya sangat support pada hal ini," pungkas Boy Robyanto.

Sebelumnya, Jalan Jalan Fly Over Terminal Teluk Lamong merupakan proyek strategis Nasional yang bertujuan untuk meningkatkan konektivitas logistic dan lalulintas dikawasan Surabaya Barat. Jalan ini sekaligus mengatasi potensi kemacetan yang terjadi di sekitar kawasan pelabuhan. 

Dengan panjang 2,4 Kilometer, flyover ini akan terhubung langsung dengan Pintu Tol Romokalisari II, Jalan Lingkar Luar Barat (JLLB) dan Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.
 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut