get app
inews
Aa Read Next : Pembangkit Listrik Apung BMPP 60 MW Kedua Buatan PT PAL Indonesia Siap Beroperasi

PT PAL Kirim Pembangkit Listrik Terapung Ke-2, Solusi Kelistrikan Cepat Daerah Terpencil

Rabu, 02 Oktober 2024 | 13:31 WIB
header img
Direktur Produksi PT PAL Indonesia, Satriyo Bintoro (kanan) dan Direktur Utama PT PLN Indonesia Power, Edwin Nugraha Putra (kiri) usai seremoni Sail Away pembangkit listrik terapung di Dermaga Bandar Barat, Divisi Kapal Niaga PT PAL Indonesia, di Surabaya, Rabu (02/10/2024). Foto/Ali Masduki

Proyek pembangunan BMPP Nusantara II merupakan bagian dari program pemerataan listrik nasional yang menjadi prioritas pemerintahan Presiden Joko Widodo, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah yang selama ini belum terjangkau infrastruktur kelistrikan memadai.

BMPP bisa memberikan solusi yang efisien, terutama bagi negara kepulauan seperti Indonesia yang terdiri dari lebih dari 17.000 pulau.

“BMPP adalah jawaban atas tantangan geografis yang dihadapi Indonesia dalam menghadirkan listrik ke wilayah terpencil. Dengan mobilitas tinggi dan teknologi canggih, BMPP dapat dipindahkan sesuai kebutuhan tanpa memerlukan infrastruktur yang kompleks,” tegas Satriyo Bintoro.

Selain seremoni peluncuran, juga dilakukan penandatanganan protokol Sail Away antara PT PAL Indonesia dan PT PLN Indonesia Power, yang menjadi simbol kuatnya kerjasama kedua perusahaan dalam menghadirkan solusi energi bagi bangsa. 

Pejabat dari Kesyahbandaran Tanjung Perak dan PT Biro Klasifikasi Indonesia juga turut hadir, memperlihatkan dukungan lintas sektor untuk suksesnya proyek ini.

"Ke depan, PT PAL akan terus memperkuat kapabilitas di sektor kelistrikan maupun pertahanan untuk berkontribusi lebih besar dalam pembangunan nasional dan ketahanan energi. Kolaborasi antara pemerintah, BUMN, dan sektor swasta menjadi kunci bagi masa depan Indonesia yang lebih mandiri dan maju di bidang energi" tutup Satriyo Bintoro.

Peluncuran BMPP Nusantara II, membuktikan PT PAL Indonesia memiliki peran strategis dalam mendukung percepatan pembangunan nasional, menjaga stabilitas pasokan energi, meningkatkan akses listrik ke seluruh wilayah Indonesia, serta mendorong percepatan energi baru terbarukan (EBT).

Sementara itu, Direktur Utama PT PLN Indonesia Power, Edwin Nugraha Putra mengapresiasi kolaborasi BUMN bersama PT PAL Indonesia. 

“Kerjasama yang dilakukan luar biasa sekali, sejak masa covid di BMPP Nusantara 1 hingga saat ini di BMPP Nusantara 2. Kami sangat senang dengan beroperasinya BMPP ini dan semoga nanti ada lagi BMPP 3, 4 dan seterusnya,” pungkasnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut