get app
inews
Aa Read Next : Bangun Trotoar, Warga Pasar Citra Niaga Jombang Apresiasi Mundjidah, Siap Dukung di Pilkada 2024!

Kampanye Pilkada Jombang 2024: ASN Diduga Terlibat, Kepala Sekolah SDN Mangunan 2 Klarifikasi

Jum'at, 04 Oktober 2024 | 14:38 WIB
header img
Kepala Sekolah SDN Mangunan 2 Klarifikasi diduga terlibat kampanye. Foto iNewsSurabaya/Zainul

JOMBANG, iNewsSurabaya.id - Suasana Pilkada Jombang 2024 semakin panas, menyusul tudingan terhadap seorang ASN (Aparatur Sipil Negara) yang diduga terlibat dalam kegiatan kampanye salah satu Pasangan Calon (Paslon). Suyadi, Kepala SDN Mangunan 2 di Kecamatan Kabuh, menjadi sorotan setelah rumah mertuanya dijadikan lokasi kampanye pasangan calon nomor urut 1, Mundjidah dan Sumrambah, pada Kamis, 3 Oktober.

Acara tersebut dihadiri oleh Calon Wakil Bupati Sumrambah, dan langsung memicu dugaan ketidaknetralan Suyadi. Sebagai ASN, ia dinilai melanggar aturan netralitas dengan menyediakan fasilitas bagi kegiatan kampanye. Namun, Suyadi membantah keras tudingan tersebut.

“Saya tidak tahu soal kampanye itu, karena saat kejadian saya berada di sekolah,” ujar Suyadi saat ditemui pada Jumat (4/10/2024). 

Ia menegaskan bahwa rumah yang digunakan bukan miliknya, melainkan milik mertuanya di Desa Mangunan, tempat istrinya, Tatik, yang juga menjabat sebagai Bendahara Ranting PPP desa setempat, tinggal. "Itu rumah mertua saya, bukan milik saya,” tegasnya.

Aturan terkait netralitas ASN sendiri tercantum jelas dalam Pasal 2 Huruf F Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014. ASN dilarang melakukan kegiatan yang memihak paslon tertentu, baik berupa ajakan, seruan, ataupun penggunaan fasilitas pribadi untuk kepentingan kampanye. Pelanggaran ini bisa berujung sanksi berat bagi yang terbukti terlibat.

Namun, tim pemenangan paslon nomor 1, melalui koordinatornya Yoyok, menegaskan bahwa kampanye tersebut sama sekali tidak melibatkan Suyadi. “Tidak ada kaitannya dengan Suyadi yang ASN, itu rumah mertuanya. Kami juga sudah mengajukan pemberitahuan kepada pihak terkait, termasuk Panwascam, dan acara ini berjalan sesuai prosedur,” jelas Yoyok.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut