get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Saudagar Pinggiran Jombang Siap Jadikan Mundjidah-Sumrambah Pemimpin Lagi

Risma Janji Naikkan Anggaran Pendidikan Jatim 35 Persen, Mungkinkah?

Senin, 07 Oktober 2024 | 16:54 WIB
header img
Anggota Dewan Pendidikan Jawa Timur (Jatim) Periode 2022-2026 Suko Widodo. Foto iNewsSurabaya/lukman

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jatim M Yasin menjelaskan, dalam penyusunan APBD, ada acuan terkait mandatory spending. 

Dimana semua proporsi alokasi anggaran diatur dalam undang-undang dalam bentuk belanja wajib. Dengan acuan itu, porsi belanja daerah harus menyesuaikan dengan ketentuan tersebut.

“Sebagai contoh mandatory spending tersebut adalah belanja pendidikan minimal 20 persen, belanja pegawai maksimal 30 persen, padahal di Jatim beberapa Kabupaten dan Kota belanja pegawainya masih lebih dari 30 persen,” tegas Yasin. 

Selain itu juga ada mandatory spending untuk belanja infrastruktur minimal 40 prosen, belanja pengawasan minimal 0,3 prosen, belanja peningkatan kapasitas aparatur SDM minimal 0,34 persen, dan belanja pemeliharaan jalan dan keselamatan transportasi minimal 10 persen dari pendapatan pajak kendaraan bermotor. 

Selain itu juga ada kewajiban belanja kesehatan, yang dikatakan Yasin, meskipun tidak masuk mandatory spending, kesehatan harus dialokasikan minimal 10 persen karena merupakan pelayanan dasar.

“Dari hitung-hitungan ini saja maka porsinya sudah habis. Sementara belanja bidang sosial, pemerintahan, perekonomian, pertanian, kemiskinan, dan lain-lain juga perlu mendapatkan perhatian dan prioritas daerah,” urainya.

Belum lagi ada potensi penurunan pendapatan di tahun 2025 akibat berlakunya UU No 1 Th 2022 tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Dimana pemberlakukan undang-undang tersebut akan menyebabkan terjadi potensi penurunan pendapatan daerah Provinsi Jatim sekitar Rp4 triliun lebih. Sebab aturan ini mengatur adanya perubahan bagi hasil dan opsen pajak kendaraan bermotor antara Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Meski begitu, Yasin menegaskan bahwa selama lima tahun terakhir belanja pendidikan di Jatim porsinya paling besar diantara sektor lainnya. Alokasi belanja pendidikan di Jatim tidak pernah di bawah 20 persen.

“Di Tahun 2019 - 2021 anggaran pendidikan Jatim mencapai lebih dari 30 - 33 persen. Karena Dana Transfer Biaya Operasional Sekolah untuk SD dan SMP masih dialokasikan melalui APBD Provinsi,” kata Yasin.

“Sedangkan untuk tahun 2022 - 2024 porsi belanja pendidikan mencapai 24 - 26 persen. Bahkan rancangan APBD 2025 belanja pendidikan direncanakan naik signifikan melebihi 30 persen,” pungkasnya. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut