get app
inews
Aa Read Next : NU Care Lazisnu Surabaya Dorong Program Inovatif di Musker PCNU, Sinergi Jadi Program Bersama

PCNU Surabaya Gelar Napak Tilas Pejuang dan Ziarah Muassis NU, Ratusan Peserta Sepeda Kuno Terlibat

Minggu, 13 Oktober 2024 | 10:40 WIB
header img
PCNU Surabaya Gelar Napak Tilas Pejuang dan Ziarah Muassis NU. Foto iNewsSurabaya/arif

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Dalam rangka memperingati perjuangan para pahlawan dan muassis Nahdlatul Ulama (NU), PCNU Kota Surabaya mengadakan acara Napak Tilas Pejuang dan Ziarah Muassis NU yang berlangsung meriah pada Minggu, 13 Oktober 2024. Lebih dari 150 peserta bersepeda kuno turut serta dalam acara yang dimulai sejak pukul 06.00 WIB, membawa semangat perjuangan yang membara.

Kehadiran Pj. Walikota Surabaya, Hj Restu Novi Widiani, bersama Sekretaris Kota Surabaya, H Iksan, dan Ketua PCNU Kota Surabaya, H Masduki Toha, serta para kiai ternama, semakin membakar semangat para peserta dalam melaksanakan napak tilas dan ziarah yang penuh makna ini.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan ziarah ke makam KH Ridlwan Abdullah di Pemakaman Tembok Surabaya. Para peserta tak hanya mendoakan beliau, tetapi juga para pahlawan lain seperti KH Thohir Bakri dan tokoh-tokoh yang tergabung dalam Laskar Hizbullah serta Laskar Sabilillah yang berjasa besar dalam Pertempuran 10 November 1945.

Kegiatan napak tilas ini diinisiasi oleh tiga MWC NU, yakni Simokerto, Bubutan, dan Semampir, dengan peserta istimewa yang menggunakan sepeda kuno. Tak ketinggalan, rombongan ibu-ibu Muslimat NU dan warga Nahdliyin juga turut ambil bagian, menambah semarak acara ini.

“Alhamdulillah, semangat warga NU luar biasa. Kegiatan ini tak hanya mengenang jasa para pahlawan, tetapi juga menjadi pengingat bahwa semangat perjuangan mereka harus terus kita hidupkan,” ujar H Masduki Toha, Ketua PCNU Kota Surabaya.

Setelah dari Pemakaman Tembok, ziarah dilanjutkan ke Masjid Agung Sunan Ampel untuk berdoa di makam H Hasan Gipo, Ketua Umum PBNU pertama yang menjabat sejak NU didirikan pada 31 Januari 1926. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut