get app
inews
Aa Read Next : Publik Figur Marak Kejar Gelar Akademik Doktoral, Ini Kata Pakar UM Surabaya

Drumband Corps Adhipramana Citra Bhayangkara V Lanjutkan Tradisi Baik

Selasa, 22 Oktober 2024 | 11:48 WIB
header img
Prosesi serah terima alat (Sertilat) Drumband Corps Adhipramana Citra Bhayangkara. Foto/Tim DC

BANYUWANGI, iNewsSurabaya.id - Puncak Peringatan HUT ke-79 Provinsi Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi pada 12 Oktober 2024 kemarin, rupanya menjadi momen terakhir tim Drumband Corps (DC) Adhipramana Citra Bhayangkara SMAN 2 Taruna Bhayangkara Angkatan IV mengharumkan nama baik sekolah 

Usai tampil di Surabaya, mereka menyerahkan tugas dan tanggungjawab kepada adik kelas angkatan dalam upacara Serah Terima Alat (Sertilat). Kegiatan ini merupakan tradisi Taruna dan Taruni SMAN 2 Taruna Bhayangkara yang hingga saat ini masih terawat dengan baik.

Sertilat bukan hanya soal pelimpahan tugas, namun sebagai wujud transfer ilmu untuk Drumband Corps angkatan V. "Serah terima alat DC dan alih kemampuan dari kakak asuh kepada adek asuh dalam kehidupan ketarunaan," kata Pembina Drumband Corps Adhipramana Citra Bhayangkara SMAN 2, Naufal Yoga.

Tradisi tersebut, lanjut Naufal juga untuk memastikan pola pengasuhan kakak asuh kepada adek asuh berjalan bagaimana mestinya melalui disiplin dan seni.

Naufal berharap, dengan adanya penyegaran tim Drumband Corps ini maka ke depannya akan semakin baik dan berinovasi.

"Kita memiliki motto, jangan tampil bagus, tapi tampil gila," ungkapnya.

Prosesi Serah Terima Alat (Sertilat) berjalan khidmat. Kemudian prosesi kadga pora yang mengiringi penyerahan stick dari Stickmaster lama kepada Stickmaster baru, membuat suasana semakin sakral dalam DC itu sendiri.

Damar Hakim Lazuardi Rahman, salah satu Stick Master yang menyerahkan alatnya mengaku bangga, karena bisa meneruskan tradisi dan kemampuan yang baik kepada adik-adik asuhnya.

"Setelah saya purna tugas, saya bisa makin fokus dalam belajar dan berlatih untuk menuju jenjang berikutnya," kata Damar. Ia pun berharap Taruna Bhayangkara angkatan V bisa melebihi kemampuan dan prestasi angkatan IV.

Perlu diketahui, SMA Negeri 2 Taruna Bhayangkara merupakan satu satunya Sekolah Menengah Atas Negeri dengan jenjang semi kepolisian yang didukung langsung oleh Kepolisian Daerah Jawa Timur.
 
Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia, masa pendidikan sekolah di SMAN 2 Taruna Bhayangkara ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut