get app
inews
Aa Read Next : Sekolah Lapang Cuaca Nelayan di Situbondo Dorong Peningkatan Produktivitas dan Keselamatan Nelayan

Tim Pegmas Fakultas Farmasi Unair Tingkatkan Pemanfataan Toga dan Inisiasi Pojok Herbal

Sabtu, 26 Oktober 2024 | 02:20 WIB
header img
Peserta belajar membuat teh herbal “JKP-Bangle” dan teh daun salam. Foto/Tim Pegmas

LOMBOK, iNewsSurabaya.id - Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (Unair) menyelenggarakan program pengabdian masyarakat (pegmas) di Desa Lombok Barat. Kegiatan berlangsung di Balai Desa Bengkaung Kecamatan Batu Layar pada Jumat, 25 Oktober 2024 ini mengusung tema “Pembentukan Pojok Herbal untuk Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakat di Desa Bengkaung Batu Layar, Nusa Tenggara Barat”.

Program ini dipimpin Prof. Dr. apt. Aty Widyawaruyanti, M.Si, dan didukung oleh dosen dan mahasiswa S2 dan S3 Ilmu Farmasi, Fakultas Farmasi Universitas Airlangga. Kegiatan pegmas Unair ini juga didukung oleh Ikatan Apoteker Indonesia Pengurus Daerah Nusa Tenggara serta Prodi Farmasi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Mataram. Pegmas Fakultas Farmasi Unair juga melibatkan kader PKK Desa Bengkaung sebagai peserta. 

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Prof. Dr. apt. Aty Widyawaruyanti, M.Si mengatakan, banyak potensi pada Desa Bengkaung yang masih bisa dikembangkan, karena sumber daya alamnya yang berlimpah. 

"Desa ini menghasilkan berbagai jenis buah-buahan dan umbi-umbian, kacang-kacangan dan berbagai jenis produksi pertanian, perkebunan dan kehutanan lainnya," terangnya.

Ia bilang, penduduk Desa Bengkaung juga mudah diajak kerjasama dalam menerapkan hal yang baru, bahkan Desa ini pernah menjuarai lomba TOGA tingkat provinsi. Sehingga di tiap rumah memiliki beberapa tanaman yang bermanfaat sebagai tanaman obat

"Oleh karena itu pengolahan tanaman obat yang benar dan berdaya jual dapat memberikan manfaat tidak hanya dari aspek kesehatan namun juga perekonomian Desa Bengkaung," ungkapnya.

Selama mengikuti Pegmas Fakultas Farmasi Unair, peserta mendapatkan dua materi. Pertama terkait khasiat, manfaat, dan keamanan tanaman obat. Materi kedua terkait pembuatan simplisia tanaman obat. Kedua materi tersebut diberikan karena agar dapat memberikan khasiat, tanaman obat harus diolah dengan benar, selain itu ada aspek keamanan penggunaan yang harus diperhatikan. 

Untuk itu selain memberikan materi melalui penyuluhan, tim juga telah membuat booklet dan leaflet yang berisi informasi terkait khasiat, keamanan, dan cara penggunaan toga yang benar. 

Kader PKK juga praktek membuat sirop Kurkumin yang berisi kunyit, temulawak, kapulaga, asam jawa, dan kayu manis. Peserta juga belajar membuat teh daun salam, dan the JKP-Bangle yang berisi jahe, kayu manis, pegagan dan bangle. 

Prof. Aty Widyawaruyanti berharap, dengan adanya kegiatan ini dengan dukungan kerjasama yang baik dengan Mitra sasaran dan pelaksanan akan menjadikan desa Bengkaung menjadi Desa percontohan “Pojok Herbal”. 

"Kegiatan ini sekaligus sebagai promosi pendekatan ramah lingkungan dalam penggunaan tumbuhan obat, dengan memanfaatkan sumber daya alam secara berkelanjutan dan melestarikan keanekaragaman hayati,” kata dia.

Kepala Desa Bengkaung, Faizul Bayani, M.Pd juga berperan aktif dalam kegiatan ini dan menyambut baik inisiatif tersebut. 

“Program ini sejalan dengan rencana pengembangan desa dan kami berharap hasilnya dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi warga Desa Bengkaung, terutama dalam mendukung Desa Bengkaung menuju Desa maju dan mandiri,” ujarnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut