get app
inews
Aa Read Next : Terekam CCTV, Pencurian Baju Anak di Tunjungan Plaza Ditangkap, Terancam 7 Tahun Penjara

Pengelola Mall Sebut Kebakaran Tunjungan Plaza dari Lantai 10

Kamis, 14 April 2022 | 16:21 WIB
header img
Pihak Tunjungan Plaza menyebut, kebakaran di TP 5 ini disebabkan aliran listrik yang berada di sirkuit pendingin ruangan atau AC penyuplai Bioskop XXI.

SURABAYA, iNews.id – Kebakaran mall terbesar di Jawa Timur, Tunjungan Plaza (TP) Surabaya mulai diungkap. Pihak Tunjungan Plaza menyebut, kebakaran di TP 5 ini disebabkan aliran listrik yang berada di sirkuit pendingin ruangan atau AC penyuplai Bioskop XXI.

Dugaan penyebab kebakaran ini dibeberkan Direktur Marketing Pakuwon Group, Sutandi Purnomosidi. Menurutnya, kebakaran yang terjadi di TP 5 karena korsleting sirkuit pendingin ruangan penyuplai AC Bioskop XXI.

“Menjelang maghrib pukul 17.00 hingga 17.30 WIB terjadi kebakaran di TP 5 yang asal apinya diduga dari lantai 10 area rooftop. Api tersebut berasal dari sirkuit AC yang menyuplai Bioskop XXI,” kata Direktur Marketing Pakuwon Group, Sutandi Purnomosidi.

Api tersebut cepat merambat karena melalui aluminium composite (ACP) building TP 5 yang kemudian membuat fasad (sisi luar bangunan) roboh hingga ke tenant di bawahnya maupun teras.

“Kami bersyukur bahwa gerak cepat dari tim pemadam kebakaran Pemkot dan crew Pakuwon serta petugas kepolisian yang memblokir jalan sehingga api dalam waktu 15 menit bisa dikendalikan,” ungkapnya.

Dia mengakui memang didapati titik api di area Kids Station yang berada di lantai 4. Namun, bukan dari dalam tapi akibat runtuhan fasad yang kemudian menyebar ke area Kids Station.

“Tdak ada api yang berasal dari dalam mall,justru yang terjadi api dari luar yang berdampak ke fasad mal,” sebutnya.

Dari kejadian tersebut, Sutandi bersyukur tidak ada satupun korban jiwa. Sementara terkait kerugian ia tidak ingin menyampaikan. Hingga saat ini sedang berlangsung olah tempat kejadian perkara (TKP) yang dilakukan Tim Labolatorium Forensik (Labfor) Mabes Polri Cabang Surabaya dan dilakukan pembersihan di setiap lantai.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut