get app
inews
Aa Read Next : Heboh, Inilah Foto-foto Emil Dardak Nyanyi di Wasik Senja Pos Bloc Surabaya

Respon Yuhronur dan Maidi Bersayap Soal Masuk Demokrat, Pengamat: Wajar, Jaga Relasi Untuk 2024

Minggu, 24 April 2022 | 10:58 WIB
header img
Partai Demokrat adalah Partai yang telah memiliki sejarah panjang dalam percaturan politik nasional

SURABAYA iNews.id - Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menyebut bahwa dirinya tidak ikut dilantik dalam kepengurusan Partai Demokrat Jatim periode 2022-2027.

Dia mengaku akan menjadi pembina dari semua partai politik (parpol) di Lamongan.

Hal itu disampaikan Yuhronur saat memberikan respon ketika namanya kembali tercantum dalam struktur kepengurusan DPD Partai Demokrat Jatim.

Wali Kota Madiun Maidi yang namanya turut tercantum dalam struktur kepengurusan DPD Partai Demokrat Jatim juga mengaku belum tahu mengenai hal itu.

"Rasanya wajar bila beberapa kepala daerah tidak akan tegas menjawab keikutsertaannya dalam kepengurusan Partai Demokrat Jawa Timur. Karena ingin menjaga relasi dengan semua partai pengusung disaat Pilkada lalu," kata Peneliti Utama The Republic Institute, Sufyanto, Minggu (24/4/2022).

Dia menambahkan, sikap politik itu bertujuan agar bisa menjaga keseimbangan dengan semua partai politik demi tiket di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang.

"Fenomena tersebut tidak lepas dari praktik pemberian rekomendasi dukungan partai politik kepada para calon kepala daerah dengan syarat-syarat tertentu. Seperti menjadi anggota partai hingga tercatat sebagai pengurus. Hal ini banyak ditemukan di setiap gelaran Pilkada," katanya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut