get app
inews
Aa Read Next : Tenggelam di Sungai Bengawan Solo Bojonegoro, Penambang Pasir Meninggal Dunia

BASARNAS Siagakan Personel dan Alut Selama Masa Lebaran 2022

Senin, 25 April 2022 | 13:53 WIB
header img
Tim SAR Surabaya siap melaksanakan kegiatan Siaga SAR Khusus Angkutan Lebaran Tahun 2022. (Foto: Basarnas Surabayq)

SURABAYA, iNews.id – Kepala Kantor SAR Surabaya, Hariadi Purnomo, melepas keberangkatan tim Kantor SAR Surabaya untuk melaksanakan kegiatan Siaga SAR Khusus Angkutan Lebaran Tahun 2022, pada Senin (25/4/2022).

Dalam simbolis pelepasan tersebut, diberangkatkan tim patroli Siaga SAR Khusus Angkutan Lebaran yang terdiri dari 2 unit motor trail, 1 unit ATV, 1 unit Rescue Car dan 1 unit Rescue Truck.

Pelaksanaan Siaga SAR Khusus ini bertujuan untuk tetap memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

Sebab BASARNAS hadir dan bersiaga jika terjadi kejadian kecelakaan dan bencana yang tidak diinginkan.

“Siaga SAR Khusus Angkutan Lebaran Tahun 2022 ini akan dilaksanakan selama 14 hari, dimulai dari H-7 hingga H+7. Kami mendirikan posko mandiri yang berlokasi di sekitar rest area tol Jombang,” terang Hari.

Selama pelaksanaan Siaga SAR Khusus ini, khususnya di wilayah jalur mudik di Jawa Timur, BASARNAS menyiagakan 1 unit helikopter Dauphin AS365 N3+ di daerah kabupaten Jombang.

“Penyiagaan helikopter ini dimaksudkan untuk mendukung upaya respon cepat dalam penanganan korban kecelakaan lalu-lintas di jalan tol, agar segera bisa dievakuasi ke rumah sakit guna mendapatkan perawatan medis lebih intensif,” jelas Hari.

Selain Siaga di Posko Mandiri, tim siaga Kantor SAR Surabaya juga akan bergabung dengan tim siaga dari instansi lain di posko-posko terpadu yang ada, seperti di Bandara, Terminal Bus, Stasiun Kereta Api dan Pelabuhan. Selain melaksanakan siaga Posko, Kantor SAR Surabaya juga mengerahkan tim untuk melakukan patroli bergerak di wilayah perairan, yaitu patroli di alur pelayaran Surabaya dengan menggunakan Alut SAR air yang ada.

Adapun SAR air yang disiagakan, diantaranya KN SAR Widura, KN SAR Antasena, KN SAR Permadi, KN SAR Srikandi, 4 unit RIB, 1 unit jetsky dan beberapa unit perahu karet berikut dengan mesinnya.

Selain Alut SAR air, juga didiagakan Alut SAR Darat, diantaranya rescue truck, rescue car, truk angkut personel, amphibius, ATV Heavy Duty dan Beach Patrol, 2 unit spider excavator, dan beberapa unit motor trail.

Selama melaksanakan siaga SAR khusus, tim operasi Kantor SAR Surabaya selalu berkoordinasi dengan petugas terkait lainnya, diantaranya dengan pihak TNI, Kepolisian, Dishub, ASDP, Pihak Pengelola Jalan Tol, Rumah Sakit Rujukan, dan sejumlah organisasi relawan.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut