get app
inews
Aa Read Next : Mobil Terbakar di KM 689 Tol Jombang Ploso Berhasil Dipadamkan

Hari Raya Idul Fitri, Basarnas Surabaya Siaga SAR Khusus Lebaran di Jawa Timur

Kamis, 04 April 2024 | 15:25 WIB
header img
Basarnas Surabaya melaksanakan Siaga SAR Khusus Lebaran selama 16 hari sejak hari Rabu (3/04/2024). Foto/Basarnas Surabaya

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Menyambut hari raya Idul Fitri 1445H / 2024, Basarnas Surabaya melaksanakan Siaga SAR Khusus Lebaran selama 16 hari sejak hari Rabu (3/04/2024). 

Personel dan alat utama (alut) Basarnas Surabaya seperti Kapal Negara (KN) SAR dan Helikopter Basarnas akan dikerahkan untuk melakukan standby di beberapa titik lokasi yang tersebar di Jawa Timur. 

Antara lain ruas Jalan Tol Jombang Mojokerto, Pelabuhan Tanjung Perak, Pelabuhan Ketapang Banyuwangi dan Bandara Juanda. 

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya Muhamad Hariyadi mengatakan, tujuan siaga SAR Khusus ini adalah untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemudik yang melakukan perjalanan menuju ke kampung halaman masing-masing. 

“Kita akan bersiaga dengan peralatan kami, salah satunya thermal drone untuk memantau arus mudik agar dapat dengan segera membantu pemudik yang mungkin akan membutuhkan pelayanan jasa SAR maupun dalam keadaan kedaruratan selama perjalanan,” ujarnya.

Tidak hanya itu, pada hari Raya Idul Fitri, Basarnas Surabaya juga mengerahkan personil dari Pos SAR Banyuwangi, Pos SAR Jember, Pos SAR Trenggalek, dan Pos SAR Sumenep untuk melakukan pemantauan di sejumlah  tempat wisata yang mengalami peningkatan pengunjung. 

“Beberapa personil secara bergantian akan melakukan pemantauan di beberapa lokasi wisata seperti Pantai Papuma, Pantai Watu Ulo, Pantai Slopeng, maupun Taman Ria Kenjeran Surabaya,” imbuhnya.

Siaga SAR Khusus Lebaran Basarnas Surabaya ini dibuka dengan Apel dan Gelar Pasukan yang bertempat di Halaman Kantor SAR Surabaya. 

Dalam apel ini, Hariyadi menyampaikan arahan dari Kepala Basarnas, Marsdya TNI Kusworo. 

Dalam arahannya, seluruh personel diharapkan dapat menjaga sikap profesionalisme di lapangan maupun saat berkoordinasi serta melibatkan potensi SAR ataupun Kantor SAR yang berdampingan.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut