get app
inews
Aa Read Next : Prospek Kinerja Kian Membaik, Fitch Kerek Rating Bank Mandiri Jadi BBB

Bank Mandiri Tercatat Anggota Himbara dengan Kinerja Positif Selama Pandemi

Jum'at, 20 Mei 2022 | 16:13 WIB
header img
Bank Mandiri mencatat kinerja yang paling baik diantara anggota Himbara selama kuartel I 2022

JAKARTA, iNews.id - Perbankkan yang menjadi Himpunan Bank Negara (Himbara) cepat pulih dalam pandemi Covid-19. Kinerja yang ditunjukan menunjukan performe positif sepanjang kuartal pertama 2022.

Diantara perbangkan yang tergabung dnegan Himbara adalah Bank Mandiri, BRI, BNI dan BTN yang berhasil meraih kinerja positif. Mengutip laporan keuangan nonconsolidated (bank only) alias tidak menyertakan kinerja anak usaha, di tiga bulan pertama tahun ini, sejumlah indikator kinerja bank pelat merah tersebut, berhasil mencatat persentase pertumbuhan mencapai dua digit secara tahunan atau year on year (yoy). Dari sejumlah bank negara tersebut, Bank Mandiri mencatat kinerja yang paling baik. 

Kiswoyo Adi Joe, Analis Pasar Modal dari Reswara Gian Investa mencatat, pada kuartal I-2022, manajemen Bank Mandiri dinilai jauh lebih berhasil dalam mengoptimalkan kinerjanya dibanding bank milik negara lainnya. Dia mencontohkan, manajemen Bank Mandiri lebih baik dalam mengoptimalkan asset dan modal/equity untuk mendapatkan penghasilan (return on asset/ROA dan return on equity/ROE). 

"Pertumbuhan ROA Mandiri pada Q1 2022 lebih baik dibanding Himbara lainnya, mencapai 1,12%. Sementara, BRI mencatat pertumbuhan ROA sebesar 0,91% dan ROA BNI hanya tumbuh sebesar 0,83% yoy. Lantas, untuk ROE tier 1 Mandiri, mencatat pertumbuhan tertinggi mencapai 8,94%, dibanding pertumbuhan ROE BRI sebesar 3,64% dan ROE BNI tumbuh 5,58%," katanya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut