get app
inews
Aa Read Next : KPPR Untag Surabaya Siapkan Syarat Daftar Rektor, Pastikan Tak Melenceng dari Statuta Yayasan

Festival Akustik 2022 Piala Walikota Surabaya Resmi Dibuka, Yuk Simak Ketentuan Lombanya!

Rabu, 08 Juni 2022 | 14:09 WIB
header img
Peserta lomba harus memawakan lagu-lagu kabangsaan sebagai lagu wajib dan lagu daerah sebagai lagu pilihannya. (Foto: Ali Masduki)

SURABAYA, iNews.id - Kabar gembira untuk para musisi kota pahlawan. Taruna Merah Putih (TMP) Surabaya, bekersama dengan Repdem, BDH Peduli dan UNTAG Surabaya, bakal menggelar Festival Akustik 2022 Piala Walikota Surabaya

Festival yang melombakan band akustik tersebut untuk memperingati Ulang Tahun Kota Surabaya ke-729, sekaligus peringatan Bulan Bung Karno.

Pendaftaran Festival Akustik 2022 Piala Walikota Surabaya ini dibuka mulai 10 Juni dan ditutup pada 12 Juni 2022. 

Ketua Panitia, Tarmuji mengatakan peserta lomba harus memawakan lagu-lagu kabangsaan sebagai lagu wajib dan lagu daerah sebagai lagu pilihannya. 

Langkah tersebut diharapkan menumbuhkan jiwa dan semangat persatuan dan nasionalisme generasi muda bangsa Indonesia. 

“Kalangan milenial saat ini rata-rata lebih gemar lagu K-Pop dan lagu barat hingga mulai luntur semangatnya dalam menyanyikan lagu-lagu daerah. Nah, melalui Festival Akustik 2022 Piala Walikota Surabaya kami berharap bisa memberikan langkah kecil yang nyata untuk menumbuhkan kembali kecintaan tehadap Tanah Air,” terangnya. 

Tarmuji melanjutkan, ada dua kategori lomba yang ditetapkan panitia. Kategori pertama yakni kategori pelajar dari tingkatan SMP hingga SMA/SMK. 

Kemudian untuk kategori kedua adalah peserta dari kalangan mahasiswa/umum dengan usia maksimal 25 tahun. 

“Untuk pelajar mewakili sekolahannya dengan bukti Kartu Pelajar. Sementara untuk mahasiswa dan umum bisa dengan KTP/KTM. Perlu diingat dalam satu grup maksimal 5 orang,” lanjutnya. 

Nantinya, kata Tarmuji, dalam tahap seleksi peserta cukup mengumpulkan video dengan durasi maksimal 5 menit menggunakan alat musik standar akustik. 

Lagu wajib yang bisa dipilih untuk dibawakan dalam video tersebut adalah Cinta Indonesia atau Indonesia Perkasa ciptaan Guruh Soekarno Putra. Sedangkan untuk lagu pilihan ada 15 lagu pilihan. 

“Panitia akan memilih grup yang masuk semifinal. Di semifinal inilah akan tampil live dengan sekitar 15 pilihan lagu daerah,” jelasnya. Pengumuman peserta yang masuk semifinal akan dilakukan pada 16 Juni 2022. 

Sementara untuk live perform semifinal akan dilakukan pada 25 Juni 2022 di Lapangan Parkir Utara Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya. Dan akan dilanjutkan penampilan para finalis di lokasi yang sama pada 26 Juni 2022. 

“Kami meminta peserta yang melakukan penampilan langsung menggunakan kostum bebas rapi tapi tetap mencerminkan nasionalisme, Biar tambah semangat,” tuturnya.

Waktu lomba yang juga bertepatan dengan Bulan Bung Karno diharapkan, bisa menjadi kegiatan positif dam inspiratif bagi generasi muda. 

"Harapannya ke depan agar generasi muda timbul jiwa nasionalisme yang kuat dan juga lebih majunya musik di Indonesia yang bertema positif, kreatif dan membangun mental, terutama untuk anak-anak generasi penerus bangsa," katanya. 

Panitia menyiapkan hadiah puluhan juta rupiah serta trofi bagi pemerang festival tersebut. 

Tarmuji memastikan bahwa perhelatan Festival Akustik 2022 bakal meriah. Pasalnya, juga akan digelar bazar UMKM yang menjadi wadah bagi masyarakat pelaku usaha kecil khususnya untuk berpartisipasi. 

Langkah ini sesuai dengan target Pemkot Surabaya membangkitkan kembali roda perekonomian setelah 2 tahun lebih terguncang pandemi. 

“Bapak Wali Kota Eri Cahyadi terus menggaungkan kerjasama membangkitkan perekonomian. Bazar UMKM di Festival Akustik 2022 ini menjadi salah satu wadahnya,” ungkap Tarmuji. 

Panitia juga tetap mengingatkan semua pihak mematuhi protokol kesehatan saat pengiriman karya hingga acara live perform. 

“Kita harus tetap patuh protokol kesehatan dan panitia juga sudah menyiapkan berbagai fasilitasnya. Mulai dari hand sanitizer maupun tempat cuci tangan,” ucapnya.

Berikut Ketentuan Lomba:

1. Peserta

Kategori Pelajar (SMP/SMA/SMK Sederajat)

Merupakan grup band yang mewakili SMP/SMA/SMK sederajat, atau campuran SMP & SMA/ SMK dalam satu grup.    Dibuktikan dengan kartu pelajar, 

Kategori Mahasiswa /Umum:  

Merupakan grup band yang terdiri dari Mahasiswa atau Umum atau campuran maksimal usia 25 tahun, dalam satu grup band. Dibuktikan dengan KTP/KTM 

Anggota : 

Grup Akustik maksimal 5 orang 

2. Ketentuan Lagu

Membawa dan memainkan alat musik akustik dengan aransemen yang kreatif. Untuk lagu wajib yg harus di bawakan sebagai berikut: 

Cinta Indonesia (Guruh Soekarno Putra) 
Indonesia Perkasa (Guruh Soekarno Putra) 

3. Ketentuan Alat Musik

Alat musik yang diperkenankan untuk digunakan antara lain, gitar akustik, bass akustik, bass electrik, keyboard dengan sound piano, cajon, aries pad, dan alat musik akustik lainnya 

4. Teknis Pengumpulan

Video Maksimal durasi 5 menit dan direkam dengan alat perekam apapun (Handycam, SLR, Smartphone, dll) 
Video harus direkam secara Live Record, tidak diedit baik suara maupun vidio, bersifat original dan bukan merupakan plagiasi, tidak melanggar hak kekayaan intelektual pihak manapun dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba atau kompetisi sebelumnya. 

5. Ketentuan Lain 

Peserta yang masuk babak Semifinal harus membawakan lagu secara Live dihadapan dewan juri dengan pilihan lagu terikat yang sudah dipersiapkan panitia antara lain: 
 

1. Paris Berantai - Kalsel 
2. Bolelebo - NTB
3. Angin Mamiri - Sulsel
4. Ondel-Ondel - Jakarta
5. Alusiiau - Sumut
6. Jangi Janger - Bali  
7. Sipatokaan - Sulut  
8. Sajojo - Papua 
9. Anak Kambing Saya - NTT
10. Cublak suweng - Jateng
11. Kampuang nan Jauh - Sumbar 
12. Tanduk Majeng - Jatim 
13. Bubuy Bulan - Jabar 
14. Rasa Sayange - Maluku 
15. Ampar Ampar Pisang - Kaltire 
 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut