get app
inews
Aa Read Next : BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Karimunjawa Sosialisasi di SWK Bratang, 32 Pedagang Langsung Daftar

Wisata ke Madiun, Jangan Lupa Nikmati Kuliner Sambal Gami Bu Sum, Rasanya Bikin Ketagihan

Sabtu, 11 Juni 2022 | 18:25 WIB
header img
Wisata kuliner menarik di Madiun selain pecel adalah menu Rumah Makan Sambal Gami Bu Sum

MADIUN, iNews.id – Madiun menjadi salah satu kota yang memiliki lokasi-lokasi wisata menarik. Jadi, tidak heran banyak wisatawan yang datang untuk berlibur melepas penat dari aktivitas pekerjaan yang dilakukan setiap hari.

Langkah wisatawan tak lengkap jika tidak menjelajah wisata kuliner yang ada di Madiun. Secara umum, wisata kuliner yang dimiliki Madiun adalah Pecel Madiun. Makanan ini memiliki cita rasa yang unik dan memiliki rasa yang berbeda. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang tertarik mencicipi makanan khas ini.

Namun perlu diketahui, selain pecel, makanan lain yang menjadi andalah Madiun ada di Rumah Makan Sambal Gami Bu Sum. Tempat makan ini memiliki banyak menu, mulai Sambal Bebek, Ayam, Ayam Kampung, Cumi, Udang, Kerang, Ceker, Kepala Ayam, Hati, Iga, Babat, dan Paru.

“Masakan yang banyak peminatnya adalah Cumi, Iga, dan Nila. Wisatawan rata-rata pesan ini, mereka sangat senang,” kata Koki Rumah Makan Sambal Gami Bu Sum, Okka.

Okka menuturkan, Rumah Makan Sambal Gami ini memiliki ciri khas, berupa sambal yang memiliki rasa yang berbeda. Komposisi sambal, ujarnya, meliputi bumbu, tomat, cabai, terasi, garam, dan gula. Hanya saja yang membuat berbeda, proses pembuatan sambal langsung memakai cobek yang dibakar, sedangkan bumbu-bumbunya ditaruh secara langsung diatas cobek.

“Jadi semua bumbu ditaruh dicobek, kemudian cobeknya dibakar hingga masak, sekitar 10 menit,” akunya.


Wisata kuliner menarik di Madiun selain pecel adalah menu Rumah Makan Sambal Gami Bu Sum

Bumbu tomat, ungkap Okka, tidak diulek seperti halnya orang-orang membuat sambal. Namun, bumbu tersebut dirajang, sementara lomboknya diblender. “Tomatnya juga diiris kotak-kotak. Ini yang menjadi ciri khas kita,” ungkap dia.

Makanan khas Madiun ini, sudah viral di beberapa daerah, tercatat setiap hari orang yang datang untuk mencicipi kuliner ini sekitar 100 orang. “Kurang lebih ada 100 cobek saya memasak setiap hari,” jelas Okka.

Owner Rumah Makan Sambal Gami Bu Sum, Bli Gde Dharma mengatakan, pihaknya sangat optimis lokasi bisnis rumah makan ini bakal berkembang pesat. Lokasi wisata kuliner ini bakal semakin ramai dikunjungi orang, karena menjadi jalur utama keluar masuk pintu tol Madiun. Kondisi tersebut sangat menguntungkan, apalagi pemerintah telah melonggarkan protokol kesehatan disetiap daerah.

“Yang terpenting, rasa masakan ini sangat luar biasa. Kita akan terus melakukan pembenahan beberapa titik lokasi supaya bisa semakin menarik dan nyaman,” katanya.

Saat ini, lanjut dia, banyak pejabat yang tertarik untukmencicipi kuliner khas ini, salah satunya adalah Bupati Madiun yang datang untuk menguji kabar rasa masakan rumah makan ini. “Pak Bupati (Bupati Madiun) kalau datang langsung minta masak sendiri. Beliau senang dengan masakan disini,” papar Owner murah senyum ini.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut