get app
inews
Aa Read Next : Polteknaker Buka Peluang Emas, Kuliah Gratis bagi Lulusan SMA yang Gagal SNBT 2024, Begini Caranya

Calon Mahasiswa Jangan Salah Pilih, Ini Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan Dunia Kerja

Senin, 13 Juni 2022 | 09:56 WIB
header img
Jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja harus menjadi prioritas ketika calon mahasiswa memutuskan untuk kuliah

SURABAYA, iNews.id – Siswa SMA/SMK, dan MA menghadapi kelulusan sekolah. Mereka memerlukan refrensi jurusan-jurusan yang menjadi primadona bagi dunia kerja, supaya tidak salah pilih dalam menentukan jurusan kuliah.

Bagi calon mahasiswa, jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja harus menjadi prioritas ketika calon mahasiswa memutuskan untuk kuliah. Mereka harus akif  mencari tahu prospek kerja ke depan tentang jurusan kuliah yang siap bekerja.

Dikutip dari SINDOnews Berikut jurusan kuliah yang memiliki prospek kerja menjanjikan dan dibutuhkan dunia kerja :

1.Kedokteran

Munculnya banyak virus dan penyakit saat ini membuat jurusan kedokteran menjadi jurusan yang paling dibutuhkan di dunia kerja. Dunia khususnya seperti sekarang ini sangat membutuhkan banyak tenaga medis untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Bukan menjadi rahasia umum jurusan kedokteran menjadi fakultas favorit di setiap kampus, peminatnya pun selalu naik setiap tahun.

Pendapatan di dunia kedokteran juga terbilang sangat besar dan sangat menjanjikan apalagi di masa mendatang di mana jasa seorang dokter sangat dibutuhkan di manapun. Universitas terbaik dengan jurusan ini yaitu UI, UGM, Unpad, dan Unair.

2. Teknik Informatika

Kini semua lini sudah beralih menjadi seba digital. Perkembangan ilmu komputer yang sangat pesat membuat lulusan ini akan banyak dicari oleh perusahaan. Profesi seperti programer dan sejenisnya akan dibutuhkan di dunia kerja. Universitas terbaik dengan jurusan ini yaitu ITS, ITB, Teklom U, Atmajaya, Esa Unggul, UKP, Pers U, dan Binus. Politeknik terbaik dengan jurusan ini yaitu Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dan Politeknik Negeri Bandung.

3. Arsitektur

Arsitek memiliki segudang kelebihan dibanding profesi lainnya, di antaranya adalah mampu menerjemahkan keinginan serta perkataan klien dan menuangkannya ke dalam desain dan mampu merancang desain yang sesuai dengan kebutuhan, keinginan, kondisi lahan dan budget yang dimiliki. Hal ini sangat berbanding lurus dengan pesatnya bidang pembangunan di dalam negeri. Oleh karena itu, arsitek pun menjadi jurusan yang paling dibutuhkan di dunia kerja. Universitas terbaik dengan jurusan ini yaitu UB, UGM, UNS, Undip, dan Unsri.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut