Logo Network
Network

Potret Kader Kesehatan, Door to Door Pastikan Balita Tumbuh Kembang dengan Baik

Ali Masduki
.
Jum'at, 12 November 2021 | 12:40 WIB

SURABAYA, iNews.id - Kader kesehatan Posyandu Anggrek I RW 8 Kelurahan Keputih Surabaya, melakukan pemeriksaan balita di Kampung Berseri Astra Keputih Tegal Timur, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (12/11/2021). Pemeriksaan bayi dan balita secara rutin tersebut untuk memantau tumbuh kembang anak dan mendeteksi sejak dini bila anak mengalami gangguan tumbuh kembang.

Ketua Posyandu Anggrek I, Tatik Purwanti, mengatakan selama pandemi Covid-19 pemeriksaan balita dikampungnya terus berjalan. Hanya saja, pemeriksaan dilakukan dengan cara jemput bola atau door to door untuk menghindari kerumunan. Tercatat, ada lima kader kesehatan yang melayani sekitar 75 balita di Berseri Astra Keputih Tegal Timur ini. 

"Saat memeriksa, kita hanya membawakan peralatan dan melakukan pencatatan saja. Sedangkan proses timbang dan ukur balita dilakukan oleh orangtuanya masing-masing. Ini untuk mengantisipasi adanya penularan Covid-19," katanya.

Tatik menjelaskan, fungsi Posyandu adalah memberikan layanan kesehatan ibu dan anak, KB, imunisasi, gizi, hingga penanggulangan diare. Selain itu, kader juga bertugas melakukan pemeriksaan kehamilan dan nifas, pelayanan peningkatan gizi melalui pemberian vitamin dan pil penambah darah, serta Imunisasi TT untuk ibu hamil.

"Semua hasil pemeriksaan kita laporkan ke Puskesmas. Jika ada yang kurang beres akan dilakukan tindakan oleh petugas Puskesmas," terangnya.

Bukan saja mengabdi untuk kesehatan masyarakat, kader kesehatan ini juga multitugas. Seperti memastikan kampung bebas dari potensi demam berdarah dan lainnya. 

(Foto: iNewsSurabaya/Ali Masduki)

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News

Bagikan Artikel Ini