Logo Network
Network

Melihat Ikan Wobbegong di Dasar Laut Raja Ampat

Ali Masduki
.
Sabtu, 29 Januari 2022 | 11:50 WIB

RAJA AMPAT, iNews.id - Seorang wisatawan berpose disisi ikan Wobbegong yang terlelap di dasar laut kawasan Suaka Alam Perairan (SAP) Kepulauan Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

Mengutip Wikipedia, Wobbegong adalah istilah yang mengacu kepada 12 spesies hiu karpet di dalam famili Orectolobidae. 

Ikan ini dapat ditemui di perairan dangkal tropis dan sedang di Samudra Pasifik barat dan Samudra Hindia timur, khususnya di sekitar Australia dan Indonesia, walaupun satu spesies (Orectolobus japonicus) dapat ditemui di Jepang. 

Kata "Wobbegong" diyakini berasal dari bahasa penduduk asli Australia yang berarti "jenggot kasar", yang mengacu kepada bentukan di mulut hiu wobbegong dari Pasifik barat

BACA JUGA:

Bikin Melongo, Ini Video Proses Pembuatan Kebun Karang Masyarakat Pesisir Kampung Mutus Raja Ampat

Wobbegong adalah hiu yang tinggal di dasar laut. Kebanyakan dari mereka memiliki panjang 1,25 m, tetapi hiu-hiu wobbegong yang terbesar, yaitu wobbegong berbintik (Orectolobus maculatus) dan wobbegong teluk (O. halei), memiliki panjang yang dapat mencapai 3 m.

Mereka berkamuflase dengan baik dengan pola simetris yang menyerupai karpet. Maka dari itu, wobbegong sering kali disebut dengan nama hiu karpet. Dengan ini, mereka dapat menyergap mangsa yang lewat di dekatnya.

(Foto: iNewsSurabaya/Ali Masduki)

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.