Logo Network
Network

Dear UMKM! Ini Ada Mesin Pemotong Keripik Karya Mahasiswa Untag Surabaya

Ali Masduki
.
Rabu, 23 Februari 2022 | 15:20 WIB

SURABAYA, iNews.id - Mahasiswa Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Panggalih Priambodoh dan Muhammad Khadiq Yahya, mendemonstrasikan cara kerja Mesin Pemotong Keripik di Untag Surabaya, Jawa Timur, Rabu (23/2/2022).

Inovasi Rancang Bangun Mesin Pengiris Menggunakan Pisau Rotari dengan Variasi Putaran Motor dan Jumlah Mata Pisau tersebut diciptakan guna meningkatkan produktivitas UMKM keripik, khususnya produsen keripik di Kabupaten Trenggalek yang saat ini masih memotong secara manual. 

Berkat inovasi tersebut, Panggalih Priambodoh dan Muhammad Khadiq Yahya berhasil mendapatkan predikat Skripsi Menarik dari Fakultas Teknik Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Panggalih mengaku, penelitian tersebut dilatarbelakangi oleh rendahnya produktivitas UMKM keripik yang masih memotong secara manual. 

“Jadi inisiatif kami adalah membuat sebuah alat pemotong keripik dengan harga yang terjangkau agar industri industri kecil tersebut dapat memiliki mesin pemotong agar produksi dari UMKM tersebut dapat meningkat,” katanya. 

Mesin ini juga bisa digunakan untuk membuat jenis keripik tempe, singkong, ketela atau bisa juga pisang.

Menurut anak sulung dari dua bersaudara ini, pemotongan manual yang dilakukan oleh UMKM keripik berdampak pada kualitas keripik. 

“Kendala yang mereka hadapi adalah waktu pengirisan yang lama serta tebal tipis potongan yang tidak sama dan juga memotong untuk keripik butuh keahlian yang harus dimiliki,” paparnya.

Oleh karena itu, dia dan timnya, Muhammad Khadiq merancang mesin pemotong keripik. “Rancangannya lumayan lama, karena terkendala waktu saat bekerja. Kami beberapa kali mengubah desain agar pas dan terlihat lebih enak dipandang dan digunakan,” tuturnya.

Muhammad Khadiq menjelaskan, bahwa mesin pemotong dirancang dengan berbagai alat penunjang. "Syarat utamanya adalah pisau yang dimodel bulat, agar berputar. Lalu rangka yang terbuat dari besi hollow, pillow block, pulley, dan motor alternating current (AC),” terangnya. 

Ia mengatakan, mesin pemotong dapat bekerja dengan sangat sederhana. Daya pada motor 1/4 Hp dengan putaran 1420 rpm, diameter poros yang dipakai 20 mm berbahan S45C, diameter pulley 4 in, 5 in, 6 in berbahan aluminium, bearing dengan diameter dalam 20 mm. 

“Mesin ini dengan putaran motor AC yang diperlambat dengan varian pulley yang dayanya diteruskan ke pisau yang berputar, lalu bahan keripik tersebut bergerak lurus menuju arah pisau dan akhirnya terpotong,” ujarnya.

Hasil percobaan mesin pemotong pada tempe didapatkan hasil terbaik pada putaran mesin 591,7 rpm menggunakan satu pisau potong dengan hasil 100 irisan. 

“Dalam waktu 11 detik dengan persentase banyaknya irisan tempe yang layak adalah 88 % yakni 88 irisan layak, 12 irisan rusak,” jelas Khadiq. 

Meski demikian, dia menyebutkan khusus pembuatan keripik tempe, kualitas tempe turut menentukan keberhasilan mesin. 

“Bahan tempenya harus benar-benar bagus saat digunakan untuk pengujian, karena jika usianya lebih atau kurang sehari tempenya akan hancur, sehingga tempe yang dipakai merupakan tempe sagu khusus untuk keripik,” katanya.

Meski sempat terkendala waktu dan harus lulus sembilan semester, kedua mahasiswa tersebut bersyukur bisa merancang mesin dan berharap mesin rancangannya tersebut dapat bermanfaat. 

“Rencananya akan diberikan pada UMKM keripik di Trenggalek. Meski demikian, mesin ini masih perlu pengembangan dan dirancang lebih sederhana supaya lebih mudal digunakan,” ujar Panggalih. 

Dia akan dikukuhkan sebagai Sarjana Teknik pada Wisuda Semester Gasal 2021/2022 Untag Surabaya yang akan digelar secara luring pada 5 Maret mendatang bersama 721 wisudawan lainnya. 

“Senang sekali, karena bisa wisuda offline setelah beberapa tahun diadakan wisuda online, apalagi saat ini saya kuliah molor satu semester jadi rasanya seperti berkah,” tukasnya
 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News

Bagikan Artikel Ini