Logo Network
Network

Potret Pasar Keramat, Hanya Buka Minggu Kliwon dan Minggu Wage

Ali Masduki
.
Senin, 02 September 2024 | 17:49 WIB

MOJOKERTO - Kesibukan para pedagang melayani pelangga di Pasar Keramat di Kramatjetak, Dusun Pong Boto, Desa Warugunung, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Pasar Keramat ini hanya buka setiap Minggu Wage dan Minggu Kliwon mulai pukul 06.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB. 

Pasar yang dikemas layaknya tempo dulu ini memiliki keunikan tersendiri. Semua produk makanan dan jajanan yang dijajalan serba tradisional. Kemasan juga ramah lingkungan tanpa menggunakan bahan pabrikan. 

Alat transaksi yang digunakan di salah satu wisata Pacet inipun bukan berupa uang rupiah pada umumnya, melainkan koin gobog. Bagi pengunjung yang akan belanja wajib menukarkan koin gobog di tempat penukaran uang. Penukaran tersebut hanya bisa dilakukan di lokasi Pasar Keramat dengan pecahan satu koin gobog bernilai Rp2 ribu.

Pengelola Pasar Keramat mengaku bahwa nama pasar keramat diambil dari tempat pasar tradisional ini berdiri, yakni berada di dusun Kramatjetak. Selain itu, keramat sendiri menurut bahasa jawa memiliki makna sejarah yang berarti "keramut ben manfaat mugio kajugrukan rahmat saking ngersani gusti kang maha rahmat".

Pasar Keramat sendiri resmi dibuka bertepatan dengan Hari Ibu, pada 22 Desember 2022 lalu. Destinasi wisata budaya inipun menjadi daya tarik wisatawa. Ribuan pengunjung memadati area pasar setiap buka pada Minggu Wage dan Minggu Kliwon.
 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News

Bagikan Artikel Ini