Fraksi Gerindra Ajak BUMN Berkontribusi Konkret Dalam Pengentasan Kemiskinan di Jatim

Ali Masduki
Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Jatim, Muhammad Fawait bersama Laskar Sholawat Nusantara saat beraudiensi dengan pihak BUMN di Jakarta. (Foto: iNewsSurabaya/Pool)

Presiden Laskar Sholawat Nusantara ini mengungkapkan yang dibutuhkan masyarakat saat ini adalah pemberdayaan lewat peluang usaha.

Ia mencontohkan, PTPN bisa menyewakan lahan tidur yang mereka miliki untuk disewakan kepada masyarakat sebagai lahan garapan.

Tentunya lewat proses perjanjian yang legal dengan badan usaha atau koperasi. Sehingga BUMN hadir menjadi solusi.

Fawait melanjutkan, lewat koperasi keuntungan dari kerjasama operasional (KSO) itu bisa disalurkan untuk kepentingan masyarakat.

Diantaranya membangun fasilitas kesehatan (puskesmas/klinik), fasilitas pendidikan (sekolah) dan fasilitas ekonomi (pasar).

"Tiga kebutuhan mendasar dan utama masyarakat itu adalah fasilitas kesehatan, sekolah dan pasar. Itu semua bisa dipenuhi lewat KSO antara BUMN dengan masyarakat sekitar perkebunan. Selama ini KSO lebih banyak dilakukan dengan masyarakat luar, bahkan pekerjanya pun berasal dari luar area perkebunan, sehingga dampaknya tidak dirasakan masyarakat sekitar," kritik Fawait.

Editor : Ali Masduki

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network