Kunci Timnas Indonesia U-16 Lolos Final, Ada Pelukan Pelatih Kiper Markus Horison

Djanti Verantika
Timnas Indonesia U-16 sudah tiga kali lolos ke partai puncak Piala AFF U-16. Dalam pertandingan ini sangat menegangkan, karena Timna Indonesia U-16 dan Timnas Myanmar U-16 sama kuat.(Foto : Okezone)

Kesuksesan Timnas Indonesia U-16 tidak lepas dari sosok bernama Markus Horison, Pelatih Kiper Timnas U-16. Ketia babak kedua berakhir dan ditentukan dengan adu penalti, Mantan Kiper Timnas Indonesia ini mendatangi Kiper Timnas Indonesia U-16, ia memeluk Andrika Fathir Rachman sambil memberikan arahan dalam menghadapi penalti.

Yang lebih seru, terlihat dalam kaca televisi pada penendang terakhir, Marcus berbisik bahwa penendang Indonesia mampu untuk mencetak gol. Harapan Marcus menjadi kenyataan, Indonesia U-16 menyapu bersih tendangan penalti.


Timnas Indonesia U-16 sudah tiga kali lolos ke partai puncak Piala AFF U-16. Dalam pertandingan ini sangat menegangkan, karena Timna Indonesia U-16 dan Timnas Myanmar U-16 sama kuat.(Foto : tangkap layar)

Kemenangan ini menjadi yang ketiga kalinya berhasil melenggang ke babak final Piala AFF U-16. Sebelumnya, Timnas Indonesia U-16 lolos ke final pada gelaran Piala AFF U-16 2013 dan 2018. Pada Piala AFF U-16 2013, Garuda Asia memastikan diri lolos ke final usai mengalahkan Australia lewat adu penalti. Pasalnya, skor 2-2 bertahan hingga akhir waktu normal pertandingan. Namun sayang, di babak final, Timnas Indonesia U-16 gagal meraih gelar juara. Mereka karena kalah adu penalti dari Malaysia dengan skor 2-3.

Lima tahun kemudian, Timnas Indonesia U-16 kembali sukses melenggang ke final. Tampil di rumah sendiri, para pemain Garuda Asia tampil penuh percaya diri hingga sukses mengalahkan Malaysia di semifinal dengan skor 1-0.

Di final, Timnas Indonesia U-16 berhasil melanjutkan tren positifnya. Gelar juara pertama di Piala AFF U-16 pun diraih usai mengalahkan Thailand lewat drama adu penalti dengan skor 4-3.

Kini, empat tahun berlalu, Timnas Indonesia U-16 kembali berhasil melangkahkan kaki ke babak final. Di partai puncak, mereka akan dihadapkan dengan Vietnam. Timnas Vietnam U-16 sendiri melenggang ke final usai mengalahkan Thailand di babak semifinal dengan skor 2-0.

Mampukah Timnas Indonesia U-16 mengulangi kesuksesan pada 2018 untuk meraih gelar juara Piala AFF U-16 2022? Laga seru di babak final Piala AFF U-16 2022 akan digelar di Stadion Maguwoharjo pada Jumat 12 Agustus 2022 pukul 20.00 WIB.

Editor : Arif Ardliyanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network