Selesaikan Masalah Warga, Camat-Lurah Jalankan Program Sayang Warga Serentak se-Surabaya

Arif Ardliyanto
Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melakukan pelayanan memuaskan kepada masyarakat Kota Pahlawan. Foto iNewsSurabaya/arif

Sebab, menurutnya, kegiatan pelayanan Sayang Warga yang dilaksanakan di Balai RW, mendapat respon positif dari masyarakat. Sebab, warga tidak perlu lagi menuju ke kantor kelurahan maupun kecamatan. Warga bisa memanfaatkan pelayanan, cukup dengan mengunjungi Balai RW sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

 “Warga sangat tertarik, terutama pada ada program baru. Seperti mengurus KIA (Kartu Identitas Anak), ditambah dengan program KatePay yang membuat masyarakat antusias,” ujar dia.

Buyung mengungkapkan, bahwa layanan Adminduk masih menjadi banyak dimanfaatkan oleh warga. Mulai dari KIA, penggantian KTP, penggantian KK, kemudian konsultasi BPJS, IMB, dan konsultasi perizinan yang lainnya.

“Jadi tidak hanya memanfaatkan layanan Adminduk, tetapi juga melakukan konsultasi perizinan. Harapannya, seluruh program Pemkot Surabaya bisa lebih mudah dimanfaatkan oleh masyarakat,” harap dia.

Terpisah, Kurniati warga Kecamatan Genteng Kota Surabaya mengatakan bahwa ia mengunjungi Balai RW VIII Jalan Genteng Candirejo, Kelurahan Genteng, Kecamatan Genteng Kota Surabaya untuk mengurus layanan akta kematian. 

“Setelah kakak saya meninggal, maka saya mengurus akta kematian beliau. Jadi untuk mengurus akta kematian, saya dijelaskan terkait persyaratannya apa saja. Mudah sekali, jadi nanti saya bisa ambil di kelurahan,” kata Kurniati.

Selain itu, ia juga berkonsultasi mengenai proses seleksi beasiswa untuk keponakannya. Ia mengaku, bahwa pelayanan Sayang Warga yang di gelar di Balai RW sangat membantu dirinya dalam memanfaatkan layanan Pemkot Surabaya. Apalagi, para petugas pelayanan, menurutnya sangat ramah dan menjelaskan secara terperinci.

“Jadi bisa untuk mendapatkan beasiswa hingga ke jenjang yang lebih tinggi. Jadi harus mengurus akta kematian dulu, baru mengurus beasiswanya. Kelurahan dan kecamatan tidak pernah mengecewakan warga, malah kami selalu dibantu dan dipermudah,” ujar dia.

Senada dengan Kurniati, warga Kecamatan Tegalsari Kota Surabaya, Wahyuni mengatakan, melalui layanan Sayang Warga yang digelar di Balai RW lebih memudahkan dirinya untuk memanfaatkan pelayanan Adminduk. “Saya mendapat informasi layanan Sayang Warga dari RT, disini saya mengurus KIA. Alhamdulillah kegiatan ini sangat memudahkan warga agar tidak perlu ke kantor kelurahan atau kecamatan,” pungkasnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network