BPBD Jatim dan Komisi E DPRD Jatim Hijaukan Bumi Arema

Ali Masduki
Penanam bibit pohon produktif dan non produktif, di Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu (20/11/2021). (Foto: iNewsSurabaya/HO/Ali Masduki)

MALANG, iNews.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur bersama Komisi E DPRD JawaTimur 500 menanam bibit pohon produktif dan non produktif, di Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu (20/11/2021). 

Aksi yang mengangkat tema "Penghijauan Bumi Arema" tersebut merupakan gerakan penghijaun. Ratusan bibit pohon itu berasal dari bantuan BPBD Jatim dan PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) Kota Malang.

Penanaman berbagai jenis pohon itu dilakukan di lahan kosong dan kritis di areal milik UPT Rehabilitasi Sosial Bina Netra (RSBN) Dinas Sosial Jatim di Jalan Bringin 13, Sukun, Kota Malang.

Ketua Jogoboyo, Badrul Tamam, mengatakan gerakan peduli lingkungan dengan mengerahkan 55 personil ini merupakan kegiatan yang digagas Kader Lingkungan (Karling) Kota Malang bersama BPBD Jatim. Tujuannya untuk menumbuhkan rasa solidaritas jiwa nasionalisme yang mulai terkikis, di sebagian warga di negeri ini. 

"Kita juga peduli dengan saudara-saudara kita, khususnya di Malang," katanya.

Ia menjelaskan, sebelum penanaman dilangsungkan, Komunitas Jogoboyo dan Kalaksa BPBD Jatim menyerahan bantuan berupa kasur dan tikar sebanyak 100 unit untuk korban banjir bandang Kota Malang. 

"Termasuk, juga diberikan bantuan berupa tempat tidur atau tikar dan kebutuhan untuk bisa digunakan di lokasi bencana," terangnya.

Hadir dalam aksi ini diantaranya Wakil Walikota Malang Sofyan Edi Jarwoko, Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim, Hikmah Bafaqih, Kalaksa BPBD Jatim Budi Santosa, Forkompinda Kota Malang, Kalaksa BPBD Kota Malang Alie Mulyanto, Ketua Pembina Karling Kota Malang Wasto, Kepala UPT RSBN Firdaus Sulistijawan dan sejumlah relawan lingkungan di wilayah Malang Raya dan Surabaya.

Acara penghijauan dimulai dengan senam pagi. Dilanjutkan apel siaga yang diikuti berbagai perwakilan relawan dan komunitas. Di antaranya, Kader Lingkungan Kota Malang, Laskar Sehat, Persatuan Berbudi dan Berbudaya (PBB), Gubuke Wong Ngalam (GWN), Malang Mbois, FKPPI Kota Malang, Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) Kota Malang, Kader Pramuka, TKSK, Kader Alfamart, Tim BPBD Jatim, dan Relawan Jogoboyo Surabaya.

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network