Ini Makna Batik Tujuh Rupa Desain Vera Suraiya Fashion yang di Pakai Benny Gunawan

Ali Masduki
Benny Gunawan (kanan), tampil percaya diri dengan batik dari Pekalongan. Foto/Istimewa.

SURABAYA, iNews.id - Pengusaha tajir sekaligus Selebgram, Benny Gunawan, tampil percaya diri dengan batik dari Pekalongan. Batik dengan motif tujuh rupa tersebut dia kenakan tepat pada peringatan Hari Batik Nasional 2022.

Benny Gunawan mengatakan, batik merupakan salah satu kekayaan nusantara yang harus dilestarikan. "Kali ini saya menggunakan Batik Pekalongan. Dengan motif tujuh rupa dengan bahan katun, yang halus dan adem jika dipakai," katanya usai pagelaran batik, Top Model Jawa Timur 2022, di Surabaya.

Lantas apa makna batik yang didesain Vera Suraiya Fashion itu? Benny menuturkan, selain terkenal sebagai daerah perajin dan pusat batik, di Pekalongan sendiri nama batik yang paling terkenal adalah batik tujuh rupa yang didominasi motif bunga, tumbuh-tumbuhan, dan hewan.

"Batik Pekalongan biasanya menggambarkan ciri kehidupan masyarakat pesisir yang mudah beradaptasi atas pengaruh budaya luar," ujarnya.


Benny Gunawan tampil percaya diri mengenakan batik Pekalongan.

 

Mengenai corak dan warna, Benny Gunawan menyukai warna hijau. Menurutnya, hijau itu energi yang hidup. Hijau itu kehidupan, selain itu merupakan warna alam.

"Saya memilih warna ada hijaunya, karena saya suka tumbuh-tumbuhan.  Tumbuhan itu pemberi oksigen bagi kehidupan kita. Oksigen adalah gas yang diperlukan manusia dan hewan untuk bernapas. Sementara pohon, memiliki kemampuan untuk melakukan fotosintesis yang menghasilkan gas oksigen dan gula. Di saat bersamaan atau saat fotosintesis berlangsung, tanaman menghisap gas karbondioksida," ungkapnya.

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network