Meriahkan Hari Batik, Hotel Santika Pandegiling Surabaya Gelar Pameran Batik Nasional

Andika
Hotel Santika Pandegiling Surabaya Gelar Pameran Batik Nasional. Foto iNewsSurabaya/andika

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober menjadi momen istimewa bagi masyarakat Indonesia untuk merayakan warisan budaya yang telah diakui dunia. Tak terkecuali, Hotel Santika Pandegiling Surabaya yang menyelenggarakan Pameran Batik selama dua hari, mulai 2 hingga 3 Oktober 2024, untuk memperlihatkan keindahan dan keragaman batik nusantara.

Pameran ini tidak hanya sekadar ajang pamer, namun juga bagian dari komitmen Hotel Santika untuk melestarikan budaya Indonesia. Herna Ayu Marlina, Executive Secretary & Public Relations Hotel Santika Pandegiling Surabaya, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperdalam rasa kebanggaan terhadap budaya batik di kalangan masyarakat.

"Melalui pameran ini, kami ingin menunjukkan penghargaan serta kebanggaan terhadap kekayaan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia," ujar Herna. 

Sebagai penggagas acara, Herna berambisi agar pengunjung tidak hanya melihat keindahan batik, tetapi juga mengenal proses pembuatannya, mulai dari canting hingga pewarnaan alami.

Herna juga bekerja sama dengan berbagai dinas pemerintahan dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang bergerak di bidang batik. “Kami ingin momentum Hari Batik ini tidak hanya sekadar selebrasi, tetapi menjadi sarana untuk mendekatkan batik kepada masyarakat secara lebih mendalam,” tambahnya.

Salah satu pengisi acara, Hanifa Febryanti dari UMKM Batik Nusantara, menyebut bahwa batik adalah karya masterpiece yang mewakili keunikan setiap daerah di Indonesia. 

"Batik yang kami tampilkan di sini sepenuhnya merupakan batik tulis, bukan batik cetak. Prosesnya sangat manual dan membutuhkan waktu yang tidak sedikit," ujar Hanifa.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network