Derita Warga Tengah Pulau, Event Pariwisata Internasional di Bawean Tak dapat Dukungan Pemkab Gresik

Arif Ardliyanto
Pandemi Covid-19 benar-benar memukul pariwisata di Bawean, Gresik Jawa Timur. Event Sailing Pass Rally Sail to Indonesia 2022 atau Wonderful Sail (WS) To Indonesia 2022 di Bawean tidak seramai tahun sebelumnya. Foto iNewsSurabaya/ist

Disinggung terkait anggaran, pihaknya pun tidak bisa memastikan. Bahkan tidak ada untuk kegiatan WS Indonesia 2022 Pulau Bawean ini. Baik itu dari kegiatan penyambutan, dinner, hingga perpisahan selama 4 hari di Bawean.

“Semuanya yang menentukan Kabupaten dalam hal ini Disparekrafbudpora Gresik. Kami hanya sebagai UPT tidak punya otoritas sendiri. Dan intruksi Disparekrafbudpora hanya sebagai pemantau saja,” tambahnya.

Diketahui, sesuai rundown acara, Sail to Indonesia 2022 di Bawean akan berlangsung selama empat hari. Antara lain, tanggal 10 Oktober kapal layar peserta mulai berdatangan di Pantai Labuhan Tanjungori. Lalu pada 11 Oktober, ada acara penyambutan para peserta yachter WA21 pada pukul 09.00 Wib hingga 10.00 Wib. Berlanjut pada 12 Oktober puncak acara ramah tamah beserta live music pada pukul 19.00 Wib sampai 22.00 WIB.

Kemudian pada tanggal 13 Oktober peserta yachter WS melanjutkan perjalanan destinasi selanjutnya. Perhelatan Sail to Indonesia 2022 di Bawean sudah terhitung tiga kali. Mulai tahun 2018, 2019, dan sekarang tahun 2022. Pulau Bawean tidak satu-satunya pulau yang menjadi tempat kunjungan destinasi para peserta yachter.

Ada beberapa tempat di seluruh Indonesia yang menjadi jujukan para turis mancanegara. Diantaranya, menyinggahi Kepulauan Kei, Banda, Ambon, Tifu, Wakatobi, Pulau Wajo, Baubau di Pulau Buton, Muna Barat, Labuan Bajo, Sumbawa, Lombok Utara, Lovina di Bali utara, Bawean, Kumai, Pulau Belitung, Penuba, dan berakhir di Pulau Benan, Lingga, Kepulauan Riau.

Editor : Arif Ardliyanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network