Derita Warga Tengah Pulau, Event Pariwisata Internasional di Bawean Tak dapat Dukungan Pemkab Gresik

Arif Ardliyanto
Pandemi Covid-19 benar-benar memukul pariwisata di Bawean, Gresik Jawa Timur. Event Sailing Pass Rally Sail to Indonesia 2022 atau Wonderful Sail (WS) To Indonesia 2022 di Bawean tidak seramai tahun sebelumnya. Foto iNewsSurabaya/ist

GRESIK, iNews.id – Pandemi Covid-19 benar-benar memukul pariwisata di Bawean, Gresik Jawa Timur. Event Sailing Pass Rally Sail to Indonesia 2022 atau Wonderful Sail (WS) To Indonesia 2022 di Bawean tidak seramai tahun sebelumnya, ada penurunan sangat drastic jumlah pengunjung.

Fakta ini diketahui dari catatan event puncak di Bawean, Rabu (13/10/2022). Tercatat hanya ada 13 kapal yacth atau sekitar 30 yachter yang berlabuh di Pantai Labuhan, Desa Tanjungori, Kecamatan Tambak, Pulau Bawean, Gresik. Hal ini berbeda tahun 2019 sebelum Pandemi Covid-19, tercatat ada sekitar 50 kapal yacth  atau  sekitar 100 yachter.

Kondisi ini membuat masyarakat Bawean, karena pariwisata yang dibangga-banggakan sangat lesu. Mereka berharap, event pariwisata Bawean kembali naik, karena berkaitan dengan tumbuhnya ekonomi masyarakat.

Pegiat Wisata Bawean Muhammad mengaku sangat prihatin, ia menyayangkan WS 2022 ini tidak ada peran keterlibatan dari pemerintah Kabupaten Gresik. Khususnya dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparekrafbudpora). Terbukti semua kepesertaan para yachter di Pantai Labuhan dari para relawan (volunteer Red).

“Dinas tidak totalitas dalam mengembangkan wisata Bawean ke dunia,” keluhnya, Rabu (12/10/2022).

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network