Samuel Simanjuntak menambahkan, sepanjang kuartal III 2022, secara keseluruhan, jumlah pembeli yang menggunakan Dilayani Tokopedia naik 1,5 kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.
"Sedangkan jumlah transaksinya melonjak lebih dari dua kali lipat. Di sisi lain, jumlah penjual yang memanfaatkan Dilayani Tokopedia meningkat lebih dari dua kali lipat,” ungkapnya.
Penjual yang memanfaatkan gudang pintar Dilayani Tokopedia di Jawa Timur, tepatnya di Surabaya, mengalami peningkatan transaksi di Jawa Timur lebih dari 1,5 kali lipat.
Sedangkan penjual di Surabaya yang memanfaatkan gudang pintar Dilayani Tokopedia mengalami peningkatan transaksi dari luar Jawa Timur sebesar dua kali lipat.
Di sisi lain, rute Kota Medan ke Kabupaten Merauke, dan Palembang Martadinata ke Kota Jayapura menjadi beberapa pengiriman barang terjauh yang menggunakan Dilayani Tokopedia.
Cozylila (penjual di Jakarta yang menitipkan produknya di gudang pintar Dilayani Tokopedia di Jawa Timur) dan Lumosh Fine Ceramics (penjual di Surabaya yang menitipkan produknya di gudang pintar Dilayani Tokopedia di Jakarta) adalah beberapa contoh pegiat usaha lokal yang merasakan dampak positif setelah memanfaatkan gudang pintar Dilayani Tokopedia.
Setelah menggunakan Dilayani Tokopedia sejak 2020, Pemilik Cozylila, Herry Bong, melihat adanya peningkatan omzet yang signifikan.
“Berkat Dilayani Tokopedia, usaha kami justru melesat bahkan di tengah pandemi karena produk Cozylila semakin mudah dijangkau oleh lebih banyak pembeli, termasuk di Makassar hingga Papua,” ucapnya.
Raymond Tjiadi, Pemilik Lumosh Fine Ceramics, pun mengatakan mengalami kenaikan omzet sebesar dua kali lipat.
“Walau kami baru memanfaatkan Dilayani Tokopedia selama tiga bulan, kami sangat senang karena produk keramik buatan perajin Probolinggo tidak hanya bisa dinikmati oleh masyarakat lokal Surabaya dan sekitarnya, tetapi juga bisa tembus pasar nasional," tandasnya.
Editor : Ali Masduki
Artikel Terkait