Belajar Demokrasi, Siswa SMA St Carolus Surabaya Kunjungi DPRD Jawa Timur

Ali
Siswa-siswi SMA St Carolus Surabaya foto bersama dalam kunjunganggannya di DPRD Jawa Timur. Foto/Istimewa

SURABAYA, iNews.id - Siswa-siswi kelas X SMA Santo Carolus Surabaya melakukan kunjungan ke DPRD Provinsi Jawa Timur, Senin (31/10/2022). Kunjungan yang merupakan rangkaian kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan mengusung tema "Suara Demokrasi" tersebut untuk belajar politik langsung kepada ahlinya.

Menurut Guru Pendamping P5 Albert Tito S, untuk mengetahui bagaimana berdemokrasi tidaklah cukup jika siswa hanya belajar teori di sekolah. Untuk itu, pihaknya langsung mempertemukan peserta didiknya pada legislator tingkat Jawa Timur.

"Kegiatan ini sangat penting bagi siswa-siswi. Karena untuk mendalami sebuah teori Suara Demokrasi tidak cukup belajar didalam kelas lewat Ebook, penjelasan PPT, atau melihat video di Youtube. Papi perlu terjun ke lapangan untuk semakin memahami tema “Suara Demokrasi”, ungkapnya.

Kedatangan para pelajar inipun disambut hangat oleh wakil rakyat. Dalam kesempatan ini, anggota Komisi B DPRD Jatim Daniel Rohi, memberikan materi mengenai sejarah demokrasi di Indonesia. Khususnya sejarah aparatur legislatif di Jawa Timur.

Selain itu, Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur itu juga menjelaskan bagiamana menggunakan hak berpendapat, beropini di ruang publik dengan baik dan benar.

Ia mengajak generasi muda untuk melek politik dan tidak apatis pada isu berbagai permasalahan negara, dan bagaiamana cara berdemokrasi dengan baik di lingkungan mereka tinggal. 

Stephanie Aine, salah satu siswa kelas X mengaku, setelah bertatap muka langsung dengan wakil rakyat ia mendapatkan pengalaman dan wawasan baru. 

"Saya mendapatkan banyak ilmu yang belum saya ketahui sebelumnya, serta kegiatannya seru, menyenangkan dan sangat menambah wawasan," ucapnya usai  berkunjung ke DPRD Jawa Timur.

Sementara itu, Koordinator P5 Suara Demokrasi, Yuliana Ari, bersyukur kegiatan berjalan lancar. Apalagi, siswa-siswa kelas X banyak melontarkan pertanyaan-pertanyaan kritis 

“Tidak ada kendala yang berarti, hanya kesulitan dalam mencari waktu yang tepat dengan nara sumber tetapi bisa teratasi dengan baik," tandasnya.

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network