Inovasi ITS Belum Tertangani Lebih Lanjut

Ali Masduki
ITS tiada henti memberikan kontribusinya kepada masyarakat Indonesia. (Foto: iNewsSurabaya/Ali Masduki)

SURABAYA, iNews.id - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terus menelurkan berbagai macam inovasi teknologi. Sayangnya, banyaknya inovasi karya mahasiswa tersebut belum tertangani lebih lanjut.

Untuk itu, ITS bekerja sama dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Ikatan Alumni (IKA) ITS untuk berkomitmen melakukan hilirisasi karya teknologi sivitas akademika ITS.

Sejumlah karya inovasi ITS tersebut antara lain Ocean Farm ITS (OFITS), Padi Ratun R5, i-Car, sepeda motor listrik Gesits, robot Raisa, Oxygen Concentrator ITS (Oxits), i-nose c19, CoFilm+, i-Boat, dan lain sebagainya.

Terbaru, ITS juga meluncurkan Struktur Kepemrakarsaan Bisnis Ocean FarmITS (OFITS) yang merupakan terobosan baru di bidang maritim, berupa bangunan akuakultur dengan ekowisata bahari terapung pertama di Indonesia. 

Serta Padi Ratun R5 yang berupa inovasi teknologi di bidang pertanian dari IKA ITS guna meningkatkan produksi tanaman pangan menggunakan teknologi R5. Sehingga mampu meningkatkan produksi padi dari biasanya dua kali panen dalam setahun, menjadi 4-5 kali panen. 

Ketua Umum PP IKA ITS,  Sutopo menjelaskan, dalam rangka membangun industri dan scale up produk hasil riset dan inovasi para alumni ITS, IKA ITS telah melakukan beberapa langkah strategis. 

“Proses pengembangan bisnis dari hasil riset dan inovasi para alumni ITS ini dapat menjadi bagian strategis dari peran IKA ITS, sehingga dapat memberikan dukungan nyata pada pendidikan tinggi di ITS," katanya, di ITS Surabaya, Sabtu (11/12). 

Wakil Gubernur Jatim, Emil Dardak menilai ITS tiada henti memberikan kontribusinya kepada masyarakat Indonesia. Menurut penuturannya, kontribusi ITS ini turut menyukseskan program Pemprov Jatim yaitu Belajar Berinovasi di Desa (Belanova). 

“Ke depan, harapannya kerja sama ini terus berlanjut dan memberikan manfaat kepada masyarakat Indonesia,” ujarnya.
 

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network