Sejarah Perang Inggris dan Argentina

Oktavianto Prasongko
Royal Navy official photographer - iwm.org.uk

Pulau Fakland adalah pulau yang terletak kurang lebih 480 km dari pesisir timur Argentina. Bagi rakyat Argentina, Falkland biasa disebut Malavinas dan mayoritas rakyat Argentina masih percaya pulau tersebut masih dalam wilayah Argentina. Sehingga keberadaan Inggris di pulau tersebut adalah merupakan bentuk penjajahan. 

Pada tahun 1978, Argentina baru saja memenangkan Piala Dunia, kejuaraan sepak bola dari seluruh negara-negara di dunia. Jadi tidak heran semangat nasionalisme rakyat Argentina pada saat itu masih sangat tinggi. 

Hal inilah yang membuat rakyat Argentina untuk mendukung keputusan Presiden Galtieri dan melupakan krisis ekonomi yang sedang terjadi. 

Dalam sejarah Pulau Falkland adalah merupakan sengketa internasional antara Argentina dan Inggris sejak jaman kolonialisme. 

Rakyat Argentina merasa bahwa Pulau Falkland adalah bagian dari negaranya, dilihat baik dari geografi maupun dari budaya, mereka merasa memiliki hak dari Pulau Falkland yang dulu adalah koloni dari Spanyol dan Argentina yang dulu juga pernah dikuasai oleh Spanyol. 

Sedangkan Inggris melihatnya dengan cara pandang yang lain, mereka menganggap Pulau Falkland masih menjadi miliknya. Pada tahun 1841 Inggris telah mengambil alih Pulau Falkland dari Spanyol. 

Penguasaan Pulau Fakland masih diperkuat dengan migrasi datangnya warga Inggris sebanyak 1800 orang yang tinggal menetap di pulau tersebut. Sebagian besar warga yang tinggal disana adalah merupakan warga Inggis yang migrasi. 

Melihat kondisi Argentina yang sedang kacau dan membandingkannya dengan Inggris yang merupakan negara maju maka tidak mengherankan sebagaian besar warga yang tinggal di Pulau Falkland lebih memilih untuk menjadi bagian dari Inggris. 

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5 6

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network