Ekonomi Jatim Membaik, Bank Indonesia Catat Ada Sikap Optimis Masyarakat

Arif Ardliyanto
Hasil Survei Konsumen Bank Indonesia kepada 905 responden menyebtukan, ada keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi berada pada level optimis. Foto Okezone

Ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi 6 bulan ke depan (Juni 2023) meningkat dan tetap pada level optimis (indeks > 100), hal ini tercermin dari Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) Desember 2022 sebesar 138,86. 

Berdasarkan komponen pembentuk IEK, meningkatnya keyakinan responden terhadap kondisi ekonomi ke depan didukung oleh ekspektasi penghasilan konsumen, kegiatan usaha dan ketersediaan lapangan kerja. Sebanyak 51,16% responden memprakirakan penghasilan 6 bulan mendatang -lebih tinggi, sementara 43,98% responden memprakirakan stabil. 

Sebanyak 40,82% responden menyampaikan pendapatan yang lebih tinggi selama 6 bulan mendatang disebabkan oleh prakiraan akan adanya kenaikan omset dan 37,58% responden menyatakan adanya kenaikan/tambahan gaji/upah, sementara 33,91% responden menyatakan akan ada kenaikan tambahan pendapatan diluar gaji/u pa h/omset.

Hasil survei kondisi keuangan konsumen berdasarkan jenis penggunaan menunjukan mayoritas penghasilan responden pada Desember 2022 digunakan untuk kebutuhan konsumsi (75,41 %), pembayaran cicilan/pinjaman (11,45%) dan tabungan (13,14%).

Editor : Arif Ardliyanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network