Ekonomi Jatim Membaik, Bank Indonesia Catat Ada Sikap Optimis Masyarakat

Arif Ardliyanto
Hasil Survei Konsumen Bank Indonesia kepada 905 responden menyebtukan, ada keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi berada pada level optimis. Foto Okezone

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Kondisi ekonomi Jawa Timur mengalami tanda-tanda kearah positif. Hasil Survei Konsumen Bank Indonesia kepada 905 responden menyebtukan, ada keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi berada pada level optimis dan mengalami peningkatan. 

Fakta ini terlihat dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada bulan Desember 2022 sebesar 128,68, lebih tinggi dibandingkan bulan November 2022 sebesar 124,93. 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Budi Hanoto mengatakan, hasil survei konsumen Desember 2022 di Jawa Timur yang tetap positif sejalan dengan IKK Nasional bulan Desember 2022 yang sebesar 119,90, atau tetap berada pada level optimis (indeks > 100). Indeks Kondisi Ekonomi Saat lni (IKE) yang mencerminkan persepsi konsumen terhadap kinerja perekonomian saat ini tetap berada pada level optimis dan meningkat dari capaian bulan sebelumnya.

"Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) menyebtukan sebesar 118,51 meningkat dibandingkan bulan November 2022 sebesar 115,40," katanya. 

Peningkatan IKE didukung oleh komponen pembentuknya yaitu tingkat penghasilan konsumen, ketersediaan lapangan kerja dan tingkat konsumsi durable goods. Pada Desember 2022, 42,98% responden menyatakan bahwa persepsi konsumen terhadap Penghasilan saat ini dibandingkan 6 bulan yang lalu meningkat. 

Sejalan dengan hal tersebut, keyakinan konsumen dalam melakukan pembelian barang tahan lama (durable goods) mengalami peningkatan dibandingkan bulan sebelumnya, terpantau 24,86% responden pada komponen konsumsi barang-barang kebutuhan tahan lama saat ini meningkat, sementara 60,33% responden menyatakan relatif stabil.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network