PDIP Jatim Gelar Seni Tiban, Ribuan Warga Penuhi Lapangan Sumberingin Blitar

Lukman
Pertunjukan Seni Tradisi Tiban Nusantara di Lapangan Desa Sumberingin, Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar.  Foto: MPI/Lukman

BKN PDIP Jatim, tambah dia, berharap kesenian asli warisan nenek moyang Indonesia ini tidak hanya dari generasi tua, namun juga digemari kalangan muda. Sehingga tradisi seni Tiban ini ke depan tetap terjaga dan lestari.

Seni tradisi Tiban sendiri merupakan budaya asli Indonesia yang berasal dari kawasan pesisir pantai selatan Jawa Timur. Mulai Tulungagung, dan berkembang di daerah sekitarnya yaitu Blitar, Trenggalek, sampai Kediri.

Untuk gelar seni Tiban di Desa Sumberingin diikuti oleh para jawara yang berasal dari Jawa Timur dan luar provinsi. Seperti para jawara Tiban dari Lampung. 

"Ini adalah bukti bahwa masyarakat Indonesia masih memiliki kesadaran untuk mewarisi serta mempertahankan budaya warisan leluhurnya," sebut Guntur.

Sebagaimana ribuan peserta lainnya, sebanyak 63 peserta dari Lampung sangat antusias mengikuti pertunjukan seni Tiban ini. 

Selain untuk menjalin tali silaturahmi dan menambah persaudaraan, imbuh Guntur, dari kesenian Tiban ini juga diharapkan dapat melestarikan seni dan budaya asal Indonesia.

"Bertarung di atas panggung sebagai lawan, tapi di bawah kita bersaudara," pungkas Guntur Wahono.

Editor : Ali Masduki

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network