Maling Motor Gagal Beraksi, Dikepung Warga dan Pak Bhabin hingga Tak Berkutik, Ini Kronologinya

Firman Rachmanudin
Maling Motor Gagal Beraksi Surabaya dan Dikepung Warga serta Bhabinkamtibmas hingga Tak Berkutik. Foto iNewsSurabaya/firman

Tak langsung beraksi, keduanya lebih dulu memastikan situasi sekitar. "Setelah dirasa aman, tersangka Cholis meminta tersangka GS untuk stand by di atas motor. Sedangkan ia yang akan turun memetik motor sasaran. Saat berada dekat motor sasaran, Cholis mengeluarkan kunci letter T dari balik baju dan merusak kontak yang tak ditutup magnet," tegas Sholeh.

Setelah menguasai barang curian, Cholis lalu menyalakan motor dan berniat untuk kabur. Sayang, upaya tersebut tak berjalan mulus lantaran tepergok wanita pemilik motor tersebut. 

Cholis seketika panik saat ia diteriaki maling oleh korban. Sedangkan GS yang masih ingusan, tidak berkutik saat ikut dikepung warga bersama Bhabinkamtibmas Polsek Sukolilo.

"Saat itulah, rombongan kami yang kebetulan melintas langsung mengamankan kedua tersangka dan menggelandang berikut barang buktinya ke Polsek," lanjut Sholeh.

Sementara itu, tersangka Cholis mengaku jika sudah beberapa kali melakukan aksi pencurian motor tersebut. Saat disinggung terkait ajakan ke tersangka GS yang masih di bawah umur, ia berdalih jika saat itu ia bingung mencari kolega mencuri.

"Ya...spontan saja pak. Karena tidak ada yang mau diajak. Makanya ajak dia. Uang hasilnya rencana akan dibuat membeli baju dan kebutuhan untuk lebaran nanti. Buat kebutuhan hidup," aku pria yang sehari-hari berjualan gorengan itu.

Sholeh juga berterimakasih kepada komunitas warga yang bernama Mahapatih (Masyarakat Bawah Peduli Warga Keputih) bentukan LPMK Keputih.

"Ini bentuk sinergitas warga dan kepolisian. Bahwa kejahatan adalah musuh bersama. Kami mengucapkan terimakasih kepada warga yang peduli dengan lingkungan sekitarnya," tandas Sholeh

Editor : Arif Ardliyanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network