Keren! Kota Majokerto Jadi Percontohan Integrasi Layanan Kesehatan, Ini Alasannya

Arif Ardliyanto
Kementerian Kesehatan RI merencanakan untuk menjadikan Kota Mojokerto sebagai daerah percontohan integrasi layanan kesehatan. Foto tangkap layar

Kunjungan tim monitoring integrasi SATUSEHAT Kemenkes RI tersebut diterima oleh Wali Kota Mojokerto Ning Ita didampingi Plt Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkesppkb) Kota Mojokerto, dr. Farida Mariana dan Direktur RSUD Dr. Wahidin Sudiro Husodo, dr. Sulaiman Rosyid, di Ruang Sabha Pambojana Rumah Rakyat.

"Saya memang konsisten sejak awal terkait satu data, sejak tahun 2019, saya menginisiasi GAYATRI (GerbAng laYanan informAsi terpadu dan terintegRasi) ini, ayo kita harus punya satu data Kota Mojokerto kita awali dari bidang kesehatan," ungkap Ning Ita.

Dijelaskan lebih lanjut, urusan kesehatan di Kota Mojokerto memiliki porsi anggaran terbesar jika dibandingkan urusan lainnya. Di atas mandatory spending, hingga di atas 20 persen. 

"Karena porsi anggarannya besar tapi tidak sepadan dengan outcome-nya, nanti jadi mubadzir. Makanya saya kawal sendiri Dinas Kesehatan sampai akhirnya GAYATRI waktu itu menang TOP 45, karena saya ingin ini jadi embrionya Satu Data Kota Mojokerto," terangnya.

Sebagai informasi, sebelum bertemu Ning Ita, tim monitoring integrasi SATUSEHAT Kemenkes RI telah terlebih dahulu mengunjungi empat Puskesmas dan satu Rumah Sakit Umum Daerah yang ada di Kota Mojokerto.

 

Editor : Arif Ardliyanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network