Jadwal Haji 2023 Embarkasi Surabaya

Ali
Calon Jamaah Haji Embarkasi Surabaya saat tiba Asrama Haji Sukolilo tahun lalu. Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

Gubernur Khofifah mengungkapkan, tahun 2023 Kuota Haji asal Jatim sebesar 35.152 jamaah. Dari jumlah tersebut terbagi dalam jamaah haji umum sebanyak 35.035, jamaah haji prioritas lansia sebanyak 1.758 jamaah, pembimbing KBIHU sebanyak 122 orang dan petugas haji daerah sebanyak 287 orang. 

"Allhamdulillah kita mendapatkan kuota 35.000 jamaah dari total kuota haji Nasional tercatat 221.000 jamaah di seluruh Indonesia. Kami mendapatkan informasi bahwa jamaah haji asal Jatim tertua bernama Harun berusia 119 tahun asal Pamekasan Madura yang mendaftar haji pada tahun 2017 dan mendapatkan daftar tunggu di tahun 2024. Meski pendengarannya sudah berkurang, namun ia terlihat tetap sehat. Dan  optimis dengan kondisi fisiknya untuk bisa menunaikan ibadah haji," tegasnya.  

Sesuai jadwal, jamaah haji akan mulai masuk dan datang di Asrama Haji Sukolilo Embarkasi Surabaya pada tanggal 23 Mei 2023 dengan awal pemberangkatan jamaah haji ke tanah suci pada tanggal 24 Mei 2023. 

Gubernur Khofifah menjelaskan, bahwa Asrama Haji Sukolilo dalam satu hari bisa menerima 4 kloter secara bergantian sesuai jadwal PPIH daerah yang dapat menampung sekitar 1.800 jamaah setiap harinya. 

Untuk jumlah bed atau tempat tidur, sesuai data Kanwil Kemenag Jatim  bahwa sampai saat ini total tempat tidur yang disiapkan sejumlah 2.615 tempat tidur. Adapun, katering atau permakanan selama di Asrama Haji, seluruh petugas akan menyesuaiakan agar kecukupan dan nilai gizi makanan jamaah terjamin. 

Bedasarkan koordinasi dengan Kemenag Jatim, Khofifah menyatakan bahwa seluruh jamaah maupun petugas haji sudah mendapatkan vaksin meningitis yang menjadi prasyarat untuk menunaikan ibadah haji ke tanah suci. 

"Seluruh kesiapan kita lakukan 'Cek dan Ricek'. Termasuk pemberian vaksin meningitis kita pantau dan monitor setiap saat," urainya. 

Gubernur perempuan pertama di Jatim itu berharap dan meminta pada seluruh petugas TPHD/tenaga kesehatan haji/ketua kloter/ ketua rombongan / ketua regu haji untuk senantiasa memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan kepada para jamaah.

"Kita berharap para petugas, tenaga kesehatan, ketua kloter bisa memberikan pembinaan dan layanan sebaik mungkin agar para jamaah bisa mendapatkan kenyamanan dalam beribadah. Semoga seluruh ikhtiar ini akan memberikan keberkahan bagi Jawa Timur dan Indonesia," tandasnya.

Editor : Ali Masduki

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network