Mahasiswa Petra Christian University Gelar Festival Mandaka 2023, Rawat Permainan Tradisional

Ali
Beberapa siswa SDN Siwalankerto II mencoba bermain Papanya Bentengan. Foto/UK Petra

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Mahasiswa Petra Christian University (PCU) menggeelar Festival Mandaka 2023. Festival Mandaka merupakan sebuah kegiatan mengusung konsep berupa kegiatan inovasi permainan tradisional, yang digagas oleh Austin Gunawan seorang mahasiswa DKV PCU. 

Diikuti oleh 25 kelompok yang terdiri dari 75 mahasiswa dari berbagai program studi di PCU, Festival Mandaka bertujuan untuk mengangkat kembali permainan tradisional dalam bentuk yang baru dan unik. Kegiatan yang berlangsung sehari itu merupakan hasil dari Tugas Akhir OBE-LEAP (Outcome Based Education-Leadership Enhancement Program) jalur Community Engagement. 

Austin Gunawan, seorang mahasiswa dari program studi DKV (Desain Komunikasi Visual) PCU menuturkan, hdirnya teknologi modern seperti sosial media, secara tidak langsung menjadikan masyarakat terutama anak-anak menjadi acuh tak acuh dengan permainan tradisional. Anak-anak lebih familiar dengan aplikasi terkini seperti Tiktok, Instagram, Facebook, dan lain-lain. 

"Festival Mandaka 2023 hadir agar permainan tradisional tidak punah," terangnya saat ditemui di Selasar Gedung Q lantai 3, kampus PCU, Jumat (19/5/2023).

“Semoga hadirnya kegiatan ini dapat melestarikan dan mengembangkan permainan tradisional Indonesia di zaman modern. Agar tidak kalah bersaing dengan permainan modern,” lanjut Austin.

Dalam festival ini Austin tidak sendiri. Dia bekerja sama dengan sebuah komunitas Kampoeng Dolanan Surabaya untuk mendemontrasikan permainan tradisional. 

Festival Mandaka 2023 ini menyuguhkan beragam inovasi permainan tanpa gadget dari mahasiswa maupun permainan tradisional. Misalnya saja bermain gasing, lompat tali, tiup balon dan masih banyak lagi lainnya. 

Uniknya, Austin merancang kegiatan ini juga mengajak mahasiswa lainnya di PCU untuk menciptakan permainan tradisional baru dan tentu saja unik berupa board game. 

“Agar permainan tradisional tetap eksis di berbagai generasi sekaligus menumbuhkan rasa cinta kebudayaan Indonesia melalui permainan tradisional,” tambah Austin. 

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network