Tahun Politik Jadi Pembicaraan Serius Rakernispas Jatim di Batu, Ini yang Perlu Diwaspadai Petugas

Arif Ardliyanto
Keamanan dan Ketertiban Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham Jatim menyoroti berberapa persoalan dalam Rakernis Pas TA 2023 di Jambuluwuk Hotel Resort Batu. Foto iNewsSurabaya/ist

BATU, iNewsSurabaya.id – Keamanan dan Ketertiban Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham Jatim menyoroti berberapa persoalan dalam Rakernis Pas TA 2023 di Jambuluwuk Hotel Resort Batu pada Rabu (07/06). Tahun Politik dan gangguan keamanan dan ketertiban menjadi bahan pembahasan secara serius.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Keamanan dan Ketertiban (Dirkamtib) Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Erwedi Supriyatno saat menjadi narasumber dalam Rakernis Pas TA 2023 di Jambuluwuk Hotel Resort Batu pada Rabu (07/06) mengatakan, bahwa banyak isu telah beredar di masyarakat dan itu berkontribusi terhadap adanya gangguan keamanan dan ketertiban.

"Jangan anggap remeh situasi apapun yang terjadi di lapangan. Khususnya terkai isu-isu yang beredar saat ini," katanya.

Beberapa isu tersebut adalah penyelundupan narkoba, penyelundupan HP, pungli hingga pelanggaran disiplin petugas Pemasyarakatan. Terkait penyelundupan narkoba Plt. Dirkamtib mengapreasiasi kepada para petugas yang memiliki integritas untuk membongkar atau menggagalkan penyelundupan narkoba.

Terkait dengan pungli, ditekankan bahwa pemberian program PB, CB tidak dikenai biaya sedikitpun, dan apabila ada penarikan biaya maka itu adalah penyalahgunaan wewenang. Karenanya tindakan tegas harus segera diberikan kepada pelakunya.  "Tidak ada lagi WBP menunggu SK tapi SK yang mendatangi WBP," ujarnya.

Selanjutnya mengadapi tahun politik, petugas Pemasyarakatan harus bersiap dalam berbagai kondisi di lapangan. Ada tiga poin penting yang harus dipahami yaitu kesiagaan dalam memasuki tahun politik, pemutakhiran data NIK dan KTP elektronik di Lapas Rutan. "Serta penguatan terkait keamanan fisik, keamanan dinamis dan keamanan prosedural," paparnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network