Strategi Gerakkan Produk Halal Indonesia ke Pasar Global

Arif Ardliyanto
Pembicaraan Produk halal yang telah mendominasi bisnis perdagangan global, dengan potensi pasar cukup besar. Foto iNewsSurabaya/ist

LSCAMP merupakan kegiatan learning camp tahunan yang diikuti oleh mahasiswa, akademisi dan masyarakat umum dengan topik bidang logistik dan supply chain yang disampaikan secara menarik dan menyenangkan oleh akademisi dan praktisi dari berbagai perspektif yang terkait. Pada tahun 2023 ini, mengangkat tema “Halal Supply Chain: Driving Indonesia Product to Global Halal Market”, yang dirangkai dalam berbagai kegiatan seperti : seminar, diskusi interaktif, dan visitasi industri. 

Pertimbangan mengangkat tema tersebut mengingat industri di Indonesia memiliki potensi besar dalam menembus pasar produk halal dan bersaing secara global, sehingga diperlukan adanya dukungan sistem sertifikasi halal, perkembangan teknologi, serta penerapan halal supply chain management lainnya. 

Kegiatan tersebut dikemas dengan menyenangkan, antara lainnya dalam bentuk seminar, diskusi interaktif, serta kunjungan industri di dua lokasi rumah pemotongan hewan modern di Jombang dan industri minuman fermentasi Yakult di Mojokerto. Sedikitnya lebih dari 80 peserta dengan berbagai macam latar belakang antusias mengikuti acara tersebut.

Hari pertama seminar LSCAMP 2023 membahas mengenai topik yang berhubungan dengan rantai pasok dari sudut pandang halal.  Acara LSCAMP dibuka oleh keynotes topic dengan judul “Pendahuluan Mengenai Rantai Pasok” yang disampaikan oleh Kepala Laboratorium Logistik dan Supply Chain Management (LSCM), Ir. Niniet Indah Arvitrida., S.T., M.T., Ph.D, IPU. Selanjutnya materi utama, disampaikan oleh Prof. Setiyo Gunawan, S.T. Ph.D, IPM, Kepala Pusat Kajian Halal ITS dan Direktur Industri Halal Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah Jawa Timur, yang membawakan judul “Memberdayakan Industri UMKM untuk Memenuhi Standar Halal Indonesia”. 

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network