Ganjar Pranowo Menang Telak di Surabaya, SSC Bongkar Tujuh Faktor Utama

Ali Masduki
Ganjar Pranowo Orasi Kebangsaan Berwawasan Pancasila bersama para alumni perguruan tinggi di Gelora Pancasila, Minggu (16/7/2023). Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

Kemudian faktor Kedua adalah keberhasilan Ganjar Pranowo membangun citra diri yang positif sejauh ini, baik sebagai pejabat publik maupun tokoh politik juga turut menjadi pertimbangan. 

Sebagai pejabat publik, Ganjar berhasil menunjukkan kinerja mumpuni sebagai kepala daerah yang identik sebagai kepala daerah yang bersih dan anti korupsi. 

Sementara sebagai tokoh politik, Ganjar juga sukses mencitrakan diri sebagai tokoh yang egaliter, merakyat dan rajin turun ke bawah menjumpai masyarakat dari berbagai lapisan. 

Persepsi warga Kota Surabaya bahwa selama ini Ganjar Pranowo dianggap Capres yang memiliki karakter paling identik dengan karakter Presiden Joko Widodo.

Baik karakter dalam kehidupan sehari-hari maupun karakter sebagai pemimpin terutama dalam hal berkomunikasi dengan khalayak umum maupun konstituen pendukungnya juga sangat memikat. 

"Karakter egaliter yang dibangun Ganjar ini identik dengan karakter masyarakat Arek, utamanya warga Surabaya," tandas Ikhsan. 

Ketiga, Keberhasilan partai, dalam hal ini PDIP Kota Surabaya, dalam mengoptimalkan seluruh organ mesin partai dalam bekerja mengusung dan mengkampanyekan Ganjar sebagai Capres dari PDIP sejak secara resmi ditetapkan oleh Megawati sebagai capres dari PDIP pada 21 April 2023 lalu juga menjadi faktor utama. 

Kampanye Ganjar sebagai RI-1 adalah sebagai bagian utuh dan sinergis bersama program-program partai yang lainnya. 

"Keempat, Kuatnya dukungan masyarakat kepada Ganjar Pranowo, melalui banyaknya simpul-simpul relawan pendukung Ganjar di Kota Surabaya yang bekerja sukarela dan spartan, sehingga secara langsung juga berkontribusi mendongkrak elektabilitas nama Ganjar Pranowo," papar Ikhsan lebih lanjut. 

Kelima, adalah strategi dan model kampanye Ganjar Pranowo beserta organ partai dan simpul-simpul relawan yang berhasil membangun bandwagon effect bagi Ganjar.

Kolaborasi antar simpul relawan dengan memaksimalkan seluruh potensi metode kampanye baik melalui mobilisasi teritorial berbasis jaringan, maupun mobilisasi opini publik melalui media massa, media internet maupun media sosial berdampak nyata. 

"Keenam, hampir tidak ada ruang publik di Surabaya yang tersisa tanpa kehadiran atribut Ganjar Pranowo. Sebagai contoh, sejauh ini, dibanding Capres lain gambar dan foto Ganjar paling banyak dijumpai di berbagai sudut kota Surabaya melalui berbagai jenis street media," jelasnya. 

Ketujuh, Selain itu, dibanding Capres yang lain, Ganjar Pranowo adalah Capres yang paling sering berkunjung ke Surabaya untuk menyapa konstituen.

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network