MasyaAlloh, Warga Satu Kampung di Jombang Bisa Berangkat Umroh Bersama ke Tanah Suci

Mukhtar Bagus/Rivo
Warga satu kampung di Jombang, Jawa Timur, berangkat umroh bareng. Foto: Mukhtar Bagus

Setiap minggu, uang tersebut diambil oleh koordinator di masing-masing dusun, lalu disetorkan kepada bendahara di tingkat desa untuk disimpan di bank. Ketika jumlah uang sudah mencukupi, mereka bisa berangkat umrah bersama-sama.

"Ada lebih dari 200 orang yang ikut dalam program menabung ini. Saat ini, 56 orang sudah bisa berangkat, sementara yang lainnya masih menunggu kesempatan," ujar Sudirman.

Ide untuk memulai program menabung umrah bersama-sama ini, menurut Sudirman, berasal dari tradisi masyarakat di desa mereka yang sering melakukan kegiatan rekreasi dan ziarah ke makam wali songo. 

Setelah seringnya ziarah ke makam wali, mereka memutuskan untuk merencanakan perjalanan ziarah ke Kota Suci Makkah atau berangkat umrah.

"Awalnya, ini hanya merupakan guyonan biasa, seperti, 'Bagaimana jika kita pergi umrah?' Akhirnya, inisiatif ini mendapat respons positif dari ketua ranting NU. Kemudian, warga diajak untuk menabung, dan akhirnya mereka berhasil berangkat umrah. Alhamdulillah," tambahnya.

Sudirman menyebutkan bahwa program menabung umrah massal di desanya telah dimulai sejak tahun 2018, dan jumlah peserta terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Sementara itu, keberangkatan 56 warga tersebut disertai dengan tangisan haru. Mereka tidak dapat menahan tangis saat rombongan jemaah umrah mulai naik ke bus yang akan mengantar mereka ke bandara. 

Dalam perjalanan menuju tanah suci, mereka diiringi oleh tokoh masyarakat setempat dan mendapat pengawalan dari mobil polisi.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network