184 Kepala Sekolah Dievaluasi Kinerja, Ini Kata Kepala Dindii Jatim

Saipul Yudi
Kadindik Jatim melakukan evaluasi kepala sekolah. Foto iNewsSurabaya/ist

Jika tidak ada inovasi, tegas Aries,  maka akan dilakukan evaluasi.  Cocok tidaknya jadi kasek. Kalau tidak cocok jabatan kasek rotasi promosi akan dikembalikan menjadi guru.

Pada kesempatan ini,  Aries juga menegaskan tantangan inovasi sekaligus menjawab isu adanya tunduhan jual beli jabatan kepala sekolah yang dilakukan 'oknum' cakep. Melalui inovasi, pihaknya akan mengetahui, kualitas cakep promosi maupun kasek mutasi. 

"Jika ada yang bilang jual beli jabatan buktikan hitam di atas putih maka akan kita tindak lanjuti. Saya komitmen pada seluruh perangkat Dindik Jatim, kalau ada yang bilang terkait jual beli jabatan maka kami dengan senang hati minta ada bukti. Kalau perlu kita tantang buktinya yang mengarah kesana," pungkas dia.  

Sementara itu, Analis Kebijakan Badan Strategi Kebijakan dalam Negeri Kemdagri, Isman AP menyebut pentingnya membangun elemen dalam membudayakan inovasi. Sudut pandang ini sangat berpengaruh pada hadirnya inovasi baru. Seperti dari organisasi,  keuangan, dan keterbatasan.  

Hingga saat ini, masyarakat luas bahkan orang birokrasi masih terjebak dalam mindset inovasi yang berkaitan dengan anggaran.  

"Sebaliknya, justru melalui inovasi ini dapat mengefektifkan anggaran yang sudah ada menjadi lebih hemat dan bisa melakukan terobosan baru. Mindset saat ini,  setiap ada perintah inovasi mikirnya penambahan anggaran. Dalam hal ini kita lakukan short cut, artinya jika inovasi berjalan tahun pertama bisa dikatakan sebagai investasi tahun kedua kita menuai," jabar Isman.  

Misalnya saja, sebut dia, mengganti perpustakaan konvensional menjadi digital. Tentu saja ini akan menghemat anggaran yang digunakan untuk pembangunan gedung ataupun pembelian rak dan buku. Namun,  jika menggunakan e-library maka akan mempermudah semua pihak dapat mengakses tanpa mengeluarkan anggaran baik untuk pembangunan gedung atau pembelian fasilitas perpustakaan.

Editor : Arif Ardliyanto

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network