Dorong Percepatan Pembuatan KTP, Mahasiswa Untag Surabaya Bantu Aktivasi IKD Warga Tambakrejo

Arif Ardliyanto
Mahasiswa Untag Surabaya Bantu Aktivasi IKD Warga Tambakrejo. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya konsisten membantu masyarakat. Kampus merah-putih ini meminta mahasiswanya untuk turun mempraktekkan ilmu yang telah diperoleh selama menjalani pendidikan. 

Salah satu langkahnya dengan program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB). Program ini merupakan salah satu program Kampus Merdeka yang bertujuan memberikan kesempatan mahasiswa untuk mengembangkan diri melalui aktivitas diluar kelas perkuliahan. Program ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman di dunia profesi atau industri nyata selama 1 semester.

Fransiskus Ari Nugraha, Mahasiswa Prodi Administrasi Publik Untag Surabaya berkesempatan untuk mengikuti Program MSIB Batch 5 mulai dari 14 Agustus – 31 Desember 2023 di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya, ia mendapatkan posisi Pendamping Layanan Administrasi Kependudukan. 

Ari sapaan akrabnya, membantu menyukseskan dan mengoptimalisasikan beberapa program dari Dispendukcapil Surabaya di Kelurahan Tambakrejo utamanya melakukan aktivasi Indentitas Kependudukan Digital (IKD) melalui aplikasi Klampid New Generation.

“Saat ini aktivasi IKD dapat dilakukan di tiap-tiap Balai RW di masing-masing kelurahan sesuai jadwal yang telah disiapkan. Hanya dengan bermodalkan ponsel, e-mail, dan nomor telepon, masyarakat dapat mengaktifkan IKD. Besar harapan saya dari kegiatan pembuatan IKD di balai RW dapat mempermudah warga dalam pengurusan KTP Digital. Masyarakat tidak perlu lagi mencetal blangko KTP-EL, cukup dengan IKD sudah bisa digunakan secara legal dan semestinya,” kata Ari.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network