Polda Jatim Usut Dugaan Joki Penerimaan Calon Pegawai Negeri Kejagung, Ada Manipulasi di Kejati

Lukman Hakim
Polda Jatim mengusut Kasus Dugaan Joki Penerimaan Calon Pegawai Negeri Kejagung yang Diduga Ada Manipulasi dari Kejati. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id – Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jawa Timur (Jatim) telah memeriksa saksi – saksi atas dugaan kasus ilegal akses dan manipulasi data pada saat penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara ( CASN) Kejaksaan Agung (Kejagung). Manipulasi data penerimaan calon pegawai negeri diduga berasal dari Kejaksaan Tinggi Jawa Timur. 

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto mengatakan, laporan dugaan kasus ilegal akses dan manipulasi data tersebut berasal dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim. “Iya benar, Polda Jatim menerima laporan dugaan kasus ilegal akses dan manipulasi data dan saat ini sedang ditangani oleh Ditreskrimsus dengan memeriksa saksi – saksi,” ujar Dirmanto, Kamis (14/12/2023).

Terlapor berinisial AW (60) warga Taman Agung  Muntilan, Kabupaten Magelang merupakan Pensiunan PNS. AW dilaporkan karena diduga melakukan praktek perjokian pada penerimaan CASN. 

Kejadian bermula dari petugas (verifikator) Panitia Seleksi Penerimaan CASN pada tahapan Sistem Kopetensi Bidang (SKB) CASN Kejagung pada Kamis (7/12/2023) di Kantor Kejati Jatim Jalan Ahmad Yani, Surabaya. “Saat proses pencocokan data peserta, petugas mendapatkan ketidakcocokan wajah antara peserta yang datang dengan data dokumen yang diterima oleh panitia,” kata Dirmanto.

Pihak panitia lantas menginterogasi peserta tersebut yang akhirnya mendapat keterangan bahwa telah terjadi Perjokian yang diduga dilakukan oleh AW. AW dilaporkan ke Polda Jatim setelah panitia test mendapatkan yang bersangkutan diduga melakukan perjokian saat tes CASN. 

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network