Politik Boleh Panas, Warga Perumahan Bukit Palma D dan E Citraland : Damai Itu Indah

Ali Masduki
Warga RT 08 RW 04 Perumahan Bukit Palma D dan E Citraland Utara, Surabaya hidup rukun meskipun berbeda pilihan politik. Foto: iNewsSurabaya/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Panasnya percaturan politik tanah air jelang Pemilu 2024 tidak berpengaruh terhadap warga kota Surabaya, khususnya warga RT 08 RW 04 Perumahan Bukit Palma D dan E Citraland Utara, Surabaya. 

Keberagaman dan perbedaan yang ada di perumahan ini justru menjadi modal besar dalam mengkampanyekan hidup damai. Bagi mereka, politik boleh memanas, namun damai itu indah.

Pesan perdamaian itupun dikumandangkan oleh warga pada momen Serah Terima Jabatan (Sertijab) Ketua PKK RT 08 dan pelantikan Ketua Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tingkat Rukun Tetangga (RT). Di depan warganya, ketua RT dan ketua PKK RT mensosialisasikan pemilu damai.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua RT Hans Setiawan, Ketua RW Asrofi, Ketua PKK sebelumnya Anjas Muncarsih, SH, CCL dan Ketua PKK yang baru Chusnul Chotimah.

Ketua RT, Hans Setiawan, mengatakan kegiatan dengan tema "Keberagaman Warga Menuju Pemilu Damai" ini jarang terjadi di semua RT manapun. Menurutnya, keberagaman warga mempunyai peran penting dan menjadi prioritas menuju pemilu damai.

"Pemilu damai bisa di capai dengan keguyuban dari beraneka ragam ras etnis dan budaya dari masyarakat yang tergabung di Perumahan Bukit Palma D dan E, RT 08 RW 04, Citraland Utara, Kelurahan Babad Jerawat, Kecamatan Pakal. Disini banyak sekali suku, agama, budaya maupun etnis. Harus toleransi saling pengertian dan memahami seiring, bersinergi dan saling mensupport," terangnya, Sabtu (06/1/2024).

Hans Setiawan bilang, pemilu damai bisa terwujud jika warga di tingkat paling bawah atau tingkat RT sudah damai dan rukun.

"Kalau tidak ada toleransi, tidak ada sinergitas dan tanpa keberagaman warga, maka pemilu damai tidak akan terwujud dan tidak terlaksana dengan baik," tuturnya.

Sementara itu Ketua PKK RT 08 yang lama, Anjas Muncarsih, SH, CCL mengucapkan terimakasih kepada seluruh warga yang hadir dan telah ikut mendukung kiprahnya selama 17 tahun menjabat sebagai Ketua RT oeriode 2016 hingga 2023.

"Selama ini kita bersinergi dan bekerjasama dengan baik tanpa halangan. Silaturahmi tetap terjaga bersosialisasi dengan tetangga. Harapannya, bisa menjadi teladan bagi RT di masyarakat luas," ungkapnya.

Kata dia, pemimpin yang baik adalah pemimpin yang bisa mengayomi warganya. Siap berkorban tenaga, waktu dan materi. Harus bisa mengedepankan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi. 

"Mari bersama mengedepankan keberagaman warga untum memujudkan pemilu damai," tegasnya.

Anjas Muncarsih pun mengajak warga agar merawat tradisi baik yang selama ini berjalan. "Dari tahun ke tahun, jika ada pemilu semua warga menyambut dengan meriah dan damai. Seperti dalam menjaga KPPS, contohnya. Kami serentak peduli saling mendukung, saling bersinergi dan gotong royong meskipun beda pilihan," ucapnya.

Sosialisasi Pemilu Damai di wilayah RT 08 RW 04 Perumahan Bukit Palma D dan E Citraland Utara, Surabaya. Berjalan aman, tertib dan lancar. Disambut meriah puluhan warga yang hadir. Kegiatan ditutup dengan silaturahmi antar warga, usai penyerahan estafet kepemimpinan kepada Ketua PKK RT 08 yang baru yaitu, Chusnul Chotimah.

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network