Tips Memilih Jurusan Kuliah, Simak Agar Gak Menyesal

Ali Masduki
Saat memilih jurusan kuliah, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. Foto: Ilustrasi/AI

Iwan Wahyu menyoroti beberapa cara untuk mengetahui potensi diri. Antara lain, melihat dari pengalaman hidup kita sendiri, hal-hal apa saja yang kita sukai, aktivitas yang sering kita lakukan, dan dimana kita bisa memberikan prestasi terbaik atau upaya yang optimal.

Selain itu, kita juga dapat menjalani berbagai tantangan aktivitas yang berpeluang mampu mengungkap potensi yang kita miliki. Misalnya, dengan banyak terlibat dalam berbagai kegiatan sekolah atau organisasi luar sekolah dengan posisi tanggung jawab yang berbeda-beda.

“Selain itu, terlibat dalam beragam kegiatan dan meminta bantuan psikolog atau konselor sekolah juga bisa membuka wawasan lebih dalam tentang diri kita," ungkapnya.

Akan tetapi, tidak sedikit pula siswa yang sudah mengetahui potensi diri namun masih kebingungan untuk memilih jurusan. Menurut Iwan, hal ini dapat diantisipasi dengan menentukan sejak dini tujuan karir di masa depan. Namun, karir tersebut memiliki pengertian yang lebih luas. Ini berbeda dengan memilih pekerjaan atau profesi.

Apabila telah memiliki pilihan yang lebih spesifik, dapat mencari informasi rinci tentang pilihan karir yang dipilih. Misalnya dengan berdiskusi dengan kerabat, tetangga, atau kenalan yang bekerja pada bidang yang menjadi pilihan karir tersebut. Bisa juga dengan membaca biografi orang atau tokoh tertentu yang bekerja pada bidang tersebut.

"Jangan ragu untuk berdiskusi dengan konselor sekolah atau psikolog pendidikan. Acara-acara seperti career expo atau job fair bisa memberikan gambaran yang lebih jelas tentang berbagai profesi dan jurusan," tambahnya.

Wahyu berpesan bahwa modal dasar yang dibutuhkan untuk sukses dalam karir adalah kemampuan untuk terus belajar, meng-upgrade diri, dan beradaptasi dengan perubahan. 

Dengan mengetahui dan mengembangkan potensi diri, serta tetap terbuka terhadap perubahan, mereka dapat memandu diri mereka menuju masa depan yang sukses dan memuaskan.

Itulah tips memilih jurusan kuliah. Ingatlah bahwa memilih jurusan kuliah adalah keputusan yang penting dan membutuhkan pemikiran matang. Luangkan waktu untuk mengeksplorasi minat dan tujuan Anda, dan jangan ragu untuk mencari nasihat dari orang-orang yang dapat memberikan pandangan dan pengalaman yang berharga.

Editor : Ali Masduki

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network